Anggaran Proyek KA Layang Simpang Joglo Solo Rp920 Miliar, Ditargetkan Selesai 2023

Ekonomi | okezone | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 19:07
Anggaran Proyek KA Layang Simpang Joglo Solo Rp920 Miliar, Ditargetkan Selesai 2023

JAKARTA - Pembangunan rel ganda kereta api Solo - Semarang fase 1 segmen Solo Balapan - Kalioso telah dimulai. Nantinya, rel ganda sepanjang 10 kilometer spoor (Km'sp) ini, sekitar 1,8 Km'sp nya akan dibangun secara layang (elevated).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan untuk total biaya anggaran proyek pembangunan rel Layang ganda ini dianggarkan mencapai 920 Miliar dan ditargetkan pembangunannya selesai pada tahun 2023.

Proyek rel ganda KA Solo Balapan - Kalioso sepanjang 10 Km'sp, dibangun dengan biaya sekitar Rp. 920 Miliar yang berasal dari rupiah murni dan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Ditargetkan, pembangunannya selesai pada akhir tahun 2023, kata Menhub Budi Karya dalam keterangan resmi yang diterima MPI, Minggu (9/1/2022).

Pembangunan jalur ganda ini adalah proyek kolaborasi antara Kemenhub, Kementerian PUPR, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan Pemerintah Kota Solo yang akan merekayasa perjalanan jalur transportasi darat.

Sehingga nantinya di samping intensitas perjalanan kereta api yang terus meningkat, perjalanan jalur darat pun tidak terdampak negatif, tambahnya.

Artikel Asli