Korsel Minta Pemerintah Indonesia Segera Cabut Larangan Ekspor Batu Bara

Ekonomi | inewsid | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 18:29
Korsel Minta Pemerintah Indonesia Segera Cabut Larangan Ekspor Batu Bara

JAKARTA, iNews.id - Kebijakan larangan ekspor batu bara menuai kecaman negara importir. Setelah Jepang, Korea Selatan (Korsel) juga meminta Pemerintah Indonesia segera mencabut larangan ekspor batu bara.

Permintaan tersebut disampaikan Menteri Perdagangan Korsel, Yeo Han-koo, menyampaikan dalam rapat daring kepada Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi, terkait kebijakan ini.

"Menteri Perdagangan Yeo menyampaikan kekhawatiran pemerintah atas larangan ekspor batu bara Indonsia dan sangat meminta kerja sama dari pemerintah Indonesia untuk memulai kembali pengiriman baru bara," demikian keterangan resmi pemerintah Korsel yang dikutip dari Yonhap News Agency, Minggu (9/1/2022).

Menanggapi permintaan Korsel, Lutfi mengakui Indonesia menyadari kekhawatiran yang disampaikan oleh pemerintah Korsel dan akan melakukan upaya untuk penyelesaian yang menguntungkan semua pihak.

"Kedua menteri sepakat tentang pentingnya kerja sama dalam jaringan pasokan global dan menekankan perlunya upaya bilateral untuk rantai pasokan komoditas yang stabil," tulisnya.

Adapun, menurut Handbook of Energy and Economic Statistics of Indonesia 2020, Korea tercatat sebagai negara tujuan ekspor batu bara terbesar ke-4 dengan jumlah ekspor batu bara ke Korea per 2020 mencapai 24,78 juta ton. Tak heran, begitu ekspor batubara dilarang, negara ini ikut berteriak ke pemerintah Indonesia.

Artikel Asli