Menhub: Terminal Tirtonadi Solo Jadi Contoh Konsep Baru Pengelolaan Terminal di Indonesia

Ekonomi | inewsid | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 17:40
Menhub: Terminal Tirtonadi Solo Jadi Contoh Konsep Baru Pengelolaan Terminal di Indonesia

SOLO, iNews.id - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, meninjau wajah beru Terminal Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, yang memiliki fasilitas ruang serbaguna untuk berbagai kegiatan, pada Minggu (9/1/2022).

Terminal Tirtonadi Solo Jawa Tengah menjadi contoh pertama penerapan konsep baru pengelolaan sebuah Terminal di Indonesia dan kota Solo adalah kota yang Cekli (kecil tapi menyenangkan), kata Budi Karya, Saat melakukan kunjungannya di Solo, Minggu (8/1/2021).

Menhub mengungkapkan, dengan adanya tambahan fasilitas tersebut diharapkan semakin banyak masyarakat dari berbagai kalangan, anak muda hingga orang tua, dan para penikmat seni yang datang dan merasa nyaman berada di terminal.

Kami berupaya mendukung potensi yang ada di kota Solo melalui revitalisasi Terminal Tirtonadi yang kini memiliki fasilitas convention hall, sport center, food court, dan lain sebagainya, yang akan menarik perhatian masyarakat harapkan nantinya juga dapat meningkatkan kembali minat masyarakat menggunakan angkutan umum bus, ujar Budi Karya.

Terminal Tirtonadi menempati lahan seluas sekitar 5 hektare, dengan luas bangunan Sport Center seluas 1.512 m mampu menampung 300 penonton tribun. Kemudian, memiliki Convention Hall seluas 3.564 m yang mampu menampung hingga 2500 orang.

Selain itu, Terminal Tirtonadi juga terhubung dengan Stasiun Solo Balapan dan Bandara Adi Sumarmo. Penumpang bus yang akan melanjutkan perjalanan kereta bisa berjalan melalui Jembatan (Sky Bridge) sepanjang kurang lebih 500 meter menuju Stasiun Solo Balapan, dan bisa lanjut menggunakan Kereta Bandara Adi Sumarmo (KA BIAS) menuju bandara, begitupun sebaliknya.

Menhub juga meninjau Sport Center yang juga berada di lantai 2 terminal dan melihat kegiatan yang tengah berlangsung yaitu: futsal, gymnastic, dan taekwondo. Sementara di area outdoor, juga ada komunitas sepatu roda yang tengah berlatih dan komunitas food truck yang menjajakan kuliner.

Dengan begitu sejumlah fasilitas di Terminal yang memiliki nilai tambah dan mendukung berbagai sektor lainnya seperti pariwisata, industri, sosial, seni budaya, ekonomi dan sektor lainnya, ujar Budi Karya.

Artikel Asli