Dorong RCTI+ Jadi Superapp Hiburan Terlengkap, MNC Studios Gandeng TREBEL Music

Ekonomi | inewsid | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 12:42
Dorong RCTI+ Jadi Superapp Hiburan Terlengkap, MNC Studios Gandeng TREBEL Music

JAKARTA, iNew.id - PT MNC Studios International Tbk (MSIN), anak perusahaan PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (CSPA) dengan TREBEL Music. Perseroan telah sepakat menempatkan investasi ke TREBEL Music dan berhak untuk mendapatkan 1 posisi direksi.

Penyelesaian investasi dan aliansi strategis ini akan tunduk pada persyaratan tertentu, termasuk pada persetujuan direksi dan kesepakatan dengan label musik tertentu.

Seperti yang telah diumumkan sebelumnya, MSIN akan bertindak sebagai entitas yang akan memiliki dan mengoperasikan aset digital MNC Media, yang saat ini sedang dalam proses akuisisi baik dari MNCN maupun PT MNC Vision Networks Tbk (IPTV) untuk platform digitalnya, yaitu RCTI+ (AVOD superapp), Vision+ (SVOD superapp), okezone.com (portal informasi umum dan berita), sindonews.com (portal berita dengan pembahasan mendalam).Selain itu, iNews.id (portal berita nasional dan daerah), idxchannel.com (portal pasar modal, keuangan, bisnis, dan ekonomi), celebrities.id (portal hiburan), sportstars.id (portal olahraga), dan BuddyKu (portal berbasis AI).

Setelah penuntasan investasi TREBEL Music oleh MSIN, RCTI+ akan menjadi penerima manfaat utama, di mana TREBEL Music akan tersedia di platform tersebut, sebuah kategori konten musik di bawah RCTI+, mempercepat peluncuran TREBEL Music di Indonesia.

Kemitraan strategis ini akan memperkokoh superapp AVOD terbesar di Indonesia untuk menjadi platform OTT berbasis iklan terlengkap, dilengkapi dengan kebutuhan hiburan sehari-hari para digital natives mulai dari video, berita, audio, UGC, dan musik. Integrasi ini akan mempercepat pertumbuhan traffic dan engagement untuk RCTI+ dan TREBEL Music di Indonesia.

Direktur MSIN Valencia Tanoesoedibjo mengatakan, sangat senang dengan potensi penambahan TREBEL Music ke dalam pertumbuhan ekosistem digital perusahaan.

"Investasi tersebut akan mendorong RCTI+ untuk terus melangkah maju dengan membangun fondasi yang kuat, dan
senantiasa melanjutkan perjalanannya untuk menjadi satu-satunya superapp hiburan terlengkap di pasar," kata dia dalam keterangannya, Kamis (6/1/2022).

Melalui aliansi strategis ini, menurut Valencia, MSIN dapat berintegrasi dan menghasilkan kategori konten utama baru bagi pengguna platform milik perseroan.

"TREBEL Music telah membuktikan modelnya di banyak negara di seluruh dunia dan saya yakin, TREBEL Music akan berhasil di pasar Indonesia," ujarnya.

Co-Founder dan CEO TREBEL Music Gary Mekikian mengatakan, Indonesia adalah salah satu pasar musik terpenting dan berprospek di dunia, di mana kurang dari 5 persen pendengar musik dapat mengakses musik secara offline . Dia pun mengaku senang dapat bermitra dengan MNC Studios International, khususnya dengan RCTI+ untuk menghadirkan TREBEL Music kepada 95 persen masyarakat Indonesia lainnya yang membutuhkan akses ke musik yang mereka sukai secara gratis.

"Jangkauan yang luar biasa dan luasnya jejak digital MNC di Indonesia menyediakan platform pertumbuhan yang sempurna untuk TREBEL. Bersama-sama, MNC dan TREBEL akan memanjakan, menghibur, dan memonetisasi pendengar musik untuk kemajuan industri musik," tuturnya.

TREBEL Music adalah aplikasi musik gratis berbasis iklan yang telah bermitra dengan berbagai brand besar, label musik global, dan perusahaan media untuk membuat layanan musik berlisensi pertama yang menghadirkan pemutaran lagu yang telah di- download , dengan offline tanpa biaya kepada pengguna.

Seiring dengan pertumbuhan penggunaan smartphone di Indonesia, peluang besar berikutnya dalam industri musik diyakini akan datang dari peningkatan pengalaman dan monetisasi para pendengar musik ini. Model ini sangat sesuai dengan bisnis RCTI+, di mana MSIN terhubung baik dengan label musik lokal, jaringan pengiklan yang sangat besar, dan peluang untuk melakukan cross-bundling di dalam platform grup, yang tentunya akan mengoptimalkan direct sales iklan untuk RCTI+ yang dapat menghasilkan rate card yang jauh lebih tinggi daripada iklan programmatic.

Hal positif lainnya, grup juga telah melakukan transformasi kepada Vision+ untuk menjadi platform OTT SVOD superapp dengan memindahkan Games+ dari RCTI+ ke Vision+, agar dapat diposisikan sebagai superapp berbasis langganan premium dengan konten yang terdiri dari premium video, baik linear & VOD dan game.

Artikel Asli