Jepang Minta Pemerintah Indonesia Buka Ekspor Batu Bara Jenis HCV

Ekonomi | inewsid | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 11:27
Jepang Minta Pemerintah Indonesia Buka Ekspor Batu Bara Jenis HCV

JAKARTA, iNews.id - Kebijakan pemerintah Indonesia melarang ekspor batu bara selama Januari 2022 mendapat respons dari Jepang. Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji meminta pemerintah Indonesia membuka larangan ekspor batu bara yang digunakan Jepang.

Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia telah melayangkan surat keberatan tersebut kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif tertanggal 4 Januari 2022.

Dia menjelaskan, larangan ekspor batu bara memberi dampak paa ekonomi negeri Sakura. Beberapa pembangkit listrik dan manufaktur Jepang mengandalkan pasokan batu bara dari Indonesia sebanyak 2 juta ton setiap bulannya.

"Larangan ekspor yang tiba-tiba berdampak serius pada aktivitas ekonomi Jepang dan kehidupan sehari-hari kami. Kami membutuhkan listrik yang cukup di musim dingin. Oleh karenanya, saya meminta agar larangan ini dicabut untuk Jepang," kata dia dalam dokumen yang diterima MNC Portal Indonesia , Kamis (6/1/2022).

Namun, Kenji juga memahami situasi kelangkaan batu bara untuk listrik Indonesia. Oleh karena itu, dia menawarkan alternatif agar pemerintah Indonesia tetap membuka ekspor batu bara jenis High Calorific Value (HCV).

"Jepang kebanyakan mengimpor batu bara HCV dibandingkan Low Calorific Value (LCV) yang digunakan pembangkit PLN," ujarnya.

Adapun, setidaknya ada 5 kapal pengangkut batu bara yang masih menunggu keberangkatan ke Jepang. Kenji meminta agar 5 kapal ini diizinkan untuk berangkat secepat mungkin.

Artikel Asli