Analisis Glassnode: 76% Total Pasokan BTC yang Beredar Sekarang Tidak Likuid

Ekonomi | wartaekonomi | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 10:58
Analisis Glassnode: 76% Total Pasokan BTC yang Beredar Sekarang Tidak Likuid

Pasar Bitcoin (BTC) telah berkonsolidasi sejak awal tahun, tetapi metrik on-chain melukiskan gambaran yang lebih positif karena lebih banyak aset menjadi tidak likuid.

Penyedia analisis on-chain Glassnode telah menggali metrik pasokan Bitcoin untuk mendapatkan pandangan yang lebih baik tentang tren makro jangka panjang dalam laporan mingguannya pada hari Senin lalu (03/01).

Temuan ini mengungkapkan bahwa meskipun aset telah diperdagangkan ke samping sepanjang tahun ini, lebih banyak BTC menjadi tidak likuid. Telah terjadi percepatan dalam pertumbuhan pasokan tidak likuid, yang sekarang terdiri lebih dari tiga perempat, atau 76%, dari total pasokan yang beredar.

Glassnode mendefinisikan illiquidity seperti ketika BTC dipindahkan ke dompet tanpa riwayat pengeluaran. Pasokan cair BTC, yang merupakan 24% dari total, ada di dompet yang menghabiskan atau berdagang secara teratur seperti pertukaran dan dompet panas.

"Kita dapat melihat bahwa selama bulan-bulan terakhir tahun 2021, bahkan ketika harga terkoreksi, telah terjadi percepatan koin dari cairan, ke dompet yang tidak likuid," kata Glassnode melansir dari Cointelegraph.

Angka-angka itu menunjukkan bahwa lebih banyak Bitcoin sedang ditransfer ke penyimpanan, menunjukkan peningkatan kebiasaan dan akumulasi hodling . Penurunan pasokan yang sangat likuid juga mengisyaratkan bahwa mungkin tidak ada acara aksi jual atau kapitulasi besar setiap saat dalam waktu dekat.

Para peneliti menyimpulkan bahwa kondisi ini menunjukkan perbedaan antara apa yang tampaknya menjadi dinamika pasokan on-chain yang konstruktif, dibandingkan dengan aksi harga bearish-to-neutral .

Dalam laporan yang sama, Glassnode menyatakan bahwa total pasokan yang dimiliki oleh pemegang jangka panjang telah meningkat selama sebulan terakhir atau lebih.

"Ini menunjukkan bahwa investor jangka panjang telah berhenti membelanjakan atau menjual koin dan telah menjadi hodler atau bahkan akumulator pada tahap ini. Ini juga memberikan pandangan konstruktif lain tentang keyakinan pasar," pungkasnya.

Pasokan saat ini yang dipegang oleh pemegang jangka panjang adalah 13,35 juta BTC, penurunan hanya 1,1% dari tertinggi Oktober sebesar 13,5 juta koin. Glassnode mendefinisikan pemegang jangka panjang ini sebagai dompet atau akun yang telah menyimpan Bitcoin mereka selama lebih dari 155 hari.

Artikel Asli