Adaro Minerals Minta Izin Ekspor Batu Bara Metalurgi

Ekonomi | inewsid | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 08:20
Adaro Minerals Minta Izin Ekspor Batu Bara Metalurgi

JAKARTA, iNews.id - PT Adaro Minerals Indonesia Tbk (ADMR) menyatakan tidak ada dampak material atas larangan ekspor batu bara terhadap kinerja keuangan, kegiatan operasional, permasalahan hukum dan kelangsungan usaha perseroan dan/atau entitas anak perseroan. Namun perseroan minta izin ekspor batu bara metalurgi.

Berdasarkan laporan di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), anak usaha Adaro Minerals Indonesia, yaitu Maruwai Coal (MC) telah melakukan mitigasi atas potensi wanprestasi. Caranya, dengan melakukan komunikasi secara intens dengan pembeli, termasuk mengkaji kemungkinan penjadwalan ulang pengiriman dan atau penyampaian keadaan kahar.

Namun Adaro Minerals Indonesia melalui MC pada 3 Januari 2022 telah mengirimkan surat kepada Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM menyampaikan permohonan untuk dapat memberikan izin ekspor kepada MC. Hal itu dengan pertimbangan jenis batu bara produksi MC adalah batu bara metalurgi yang digunakan sebagai bahan baku industri baja.

Jenis batu bara metalurgi berbeda dengan batu bara termal yang dibutuhkan untuk penyediaan atau pembangkitan tenaga listrik.

Adapun larangan ekspor batu bara tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan Grup PLN, kata Direktur dan Sekretaris Adaro Minerals Heri Gunawan.

Sementara itu, Adaro Minerals saat ini terus memonitor dampak yang akan timbul maupun yang telah timbul dari larangan, dan kewajiban dari surat larangan ekspor batu bara.

Artikel Asli