Krisis Ekonomi Turki, Milenial Pilih Hijrah ke Eropa hingga Minta Kehidupan Layak

Ekonomi | okezone | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 07:23
Krisis Ekonomi Turki, Milenial Pilih Hijrah ke Eropa hingga Minta Kehidupan Layak

JAKARTA - Ekonomi Turki bergejolak dengan inflasi yang capai tingkat tertinggi dalam 19 tahun hingga anjloknya lira Turki.

Keluarga berpenghasilan rendah pun merasa semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ini juga dirasakan kelompok kelas menengah Turki.

'Saya ingin keamanan' banyak disampaikan masyarakat Turki di akun media sosialnya. Warga Turki juga membahas keuntungan dan kerugian mencari kehidupan baru di luar negeri.

Keluhan pun disampaikan Seorang Mahasiswa S3, Berna Akdeniz. Berna sedang mengejar titel PhD dalam bidang jurnalisme di Ankara.

"Saya ingin tinggal di sini karena ini kampung halaman saya. Tapi saya juga ingin pergi dari sini karena saya mendambakan kehidupan layaknya seorang manusia," ujarnya, dilansir dari BBC Indonesia, Kamis (6/1/2022).

Berna merupakan seorang tuna rungu. Dia bergantung pada alat bantu dengar berupa implan koklea. Ini adalah perangkat elektronik yang memungkinkan orang tuli untuk mendengar suara.

Namun kelangkaan peralatan medis impor yang baru-baru ini terjadi membuatnya cemas tidak dapat mendengar lagi.

"Pemasok koklea telah mengumumkan bahwa mulai Januari dan seterusnya mereka tidak lagi dapat mengimpor produk karena inflasi tinggi dan nilai tukar lira memakan keuntungan mereka," kata Berna.

"Jadi mereka akan bernegosiasi dengan pemerintah agar mendukung bisnis mereka. Bagaimana jika mereka tidak mencapai kesepakatan? Hanya memikirkan kemungkinan itu saja sudah membuat saya takut," ujarnya.

Berna belum mengambil keputusan, tapi dia tergoda untuk pindah ke Eropa. Dukungan negara terhadap penyandang tunarungu adalah faktor utama yang mendorongnya.

"Saya ingin keamanan. Saya ingin jaminan dalam hidup bahwa saya akan dapat mendengar," ujarnya.

Berna adalah satu dari banyak orang muda berpendidikan dari kelas menengah perkotaan di Turki yang mempertimbangkan kehidupan baru di luar negeri.

Mereka memiliki latar belakang yang sangat berbeda dengan imigran Turki pada dekade sebelumnya. Pada masa sebelum ini, orang-orang Turki hijrah ke luar negeri dari pedesaan yang memberi mereka sedikit peluang meraih pendidikan.

Artikel Asli