Periskop 2022: Daftar Proyek Infrastruktur yang Siap Pamer, dari LRT hingga Kereta Cepat

Ekonomi | okezone | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 07:02
Periskop 2022: Daftar Proyek Infrastruktur yang Siap Pamer, dari LRT hingga Kereta Cepat

JAKARTA Pemerintah menargetkan pembangunan sejumlah proyek infrastruktur selesai di tahun ini. Hal ini dilakukan untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Adapun proyek tersebut meliputi bendungan hingga ratusan kilometer jalan tol. Kementerian PUPR mengungkapkan, bahwa ada sembilan bendungan yang ditargetkan selesai di 2022, yakni Bendungan Ciawi, Sukamahi, Marga Tiga, Sadawarna, Lolak, Semantok, Tamblang, Beringin Sila, dan Kuwil Kawangkoan.

Kementerian PUPR juga menambahkan pembangunan jalan tol sepanjang 421 kilometer. Adapun di antaranya, yaitu Seksi 1 Simpang Indralaya-Muara Enim sepanjang 64 kilometer, dan Seksi 2 Semarang-Demak sepanjang 16 kilometer. Kemudian, Seksi 2 Ciawi-Sukabumi sepanjang 12 kilometer juga akan dirampungkan pada 2022.

Pada 2022 beberapa proyek strategis akan dimulai pembangunannya, antara lain enam bendungan baru, yakni Bendungan Cijurey dan Cibeet di Jawa Barat, Kedunglanggar di Jawa Tengah, dan Kolhua di NTT, kata Herry Trisaputra Zuna, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, di Jakarta.

Sementara itu, Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) menargetkan 29 proyek strategis nasional (PSN) bisa rampung di tahun 2022.

Kami sudah perhitungkan dengan anggaran yang teralokasikan dan juga masalah di lapangan, kami optimis 29 proyek selesai, kata Ketua Tim Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo saat konferensi pers KPPIP.

Diketahui, target optimis itu didorong oleh progres pengerjaan PSN saat ini. Namun, dalam kesempatan tersebut Wahyu belum menyebutkan secara rinci daftar PSN yang diprediksi akan selesai.

Mengutip berbagai sumber, Selasa (4/1/2022), selama periode Januari 2020 sampai November 2021, terdapat 32 PSN yang berhasil diselesaikan senilai Rp158,8 triliun.

Selain itu, KPPIP mengharapkan masih ada tambahan 8 proyek senilai Rp94,3 triliun yang rampung. Sehingga, total proyek yang berhasil diselesaikan selama 2020-2021 diperkirakan sebanyak 40 PSN senilai Rp253,1 triliun.

KPPIP terus melakukan evaluasi terkait pengerjaan PSN. Pasalnya, beberapa PSN telah dikerjakan pada tahun-tahun sebelummya sehingga harus diselesaikan.

Artikel Asli