Campuran Jahe Campur Mentimun Khasiatnya Bagus untuk Tubuh

Ekonomi | wartaekonomi | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 00:00
Campuran Jahe Campur Mentimun Khasiatnya Bagus untuk Tubuh

Campuran Jahe dan mentimun ternyata bisa menjadi herbal ampuh untuk kesehatan. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasi pada 2011, bahwa jahe bekerja sebagai agen antiinflamasi. Kandungan herbal di dalamnya bisa menurunkan gejala asam urat.

Dalam hipotesis peneliti, jahe mengandung beberapa zat anti-inflamasi.
Kandungan gingerol dan shogaol, disebut ampuh mengurangi nyeri. Kedua zat itulah yang memiliki efek anti-radang.

Sementara itu, mentimun mengandung antioksidan, termasuk di antaranya adalah flavonoid, tanin, dan triterpen. Antioksidan merupakan zat kimia yang akan bantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Oleh karena itu, ramuan jahe campur mentimun memiliki khasiat sangat dahsyat. Untuk membuat ramuan ini sangat mudah. Sediakan 1 buah mentimun, seperempat kilogram jahe, 2 batang seledri, lemon setengah, madu, dan 500 ml air.

Caranya: Cuci bersih semua bahan. Setelah itu kupas dan potong mentimun serta seledri menjadi potongan-potongan kecil, serta geprek jahe yang tersedia.

Selanjutnya, bikin jus dari setengah lemon, seledri, mentimun, campurkan air dan blender, setelah itu aduk geprek jahe dalam ramuan yang sudah jadi. Tambahkan madu secukupnya.

Ramuan ini bisa dikonsumsi setelah sarapan selama 7 hari, setelah itu kondisional sesuai kebutuhan.

Berikut ini manfaat mengonsumsi herbal geprek jahe campur mentimun untuk kesehatan.

1. Menghilangkan racun

Kandungan mentimun adalah 95 persen air, bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan menghilangkan racun.

Mentimun mengandung sebagian besar vitamin yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari.

2. Menyembuhkan Batuk

Ramuan Jahe ini dianggap sebagai obat terbaik untuk mengatasi penyumbatan pada hidung dan juga bronkial.

Senyawa utama dalam jahe bernama gingerol dan allicin dalam bawang putih bisa menjadi solusi batuk alami sekaligus mengatasi gejala yang menyertai akibat radang.

3. Melindungi kesehatan jantung

Mentimun mengandung kadar kalium yang tinggi, sangat bagus untuk mengatur tekanan darah. Kalium bertindak sebagai elektrolit yang membantu mengatur fungsi sel.

Ini juga membantu dalam menjaga sistem saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung juga. Selain itu, kandungan serat dalam mentimun membantu mencegah penumpukan kolesterol di arteri dan mencegah penyumbatan arteri.

4. Meningkatkan Rangsangan

Secara penggunaan umum, ramuan jahe campur mentimun ini sangat penting untuk meningkatkan sirkulasi darah, sehingga secara otomatis juga bisa meningkatkan rangsangan pria.

5. Perawatan Penderita Diabetes

Jahe sangat baik untuk menurunkan kadar gula darah, di mana minum 1 sendok makan jus jahe bersama 1 gelas air di pagi hari sudah cukup ampuh untuk mengontrol gula darah.

Artikel Asli