Covid-19 Beri Pelajaran Berharga, Sri Mulyani: Bukan Masalah Uangnya

Ekonomi | okezone | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 15:03
Covid-19 Beri Pelajaran Berharga, Sri Mulyani: Bukan Masalah Uangnya

JAKARTA Pandemi Covid-19 memberi pelajaran yang luar biasa untuk pemerintahan, bahkan untuk rakyat dan dunia usaha. Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan peristiwa ini bisa menjadi pelajaran bagi generasi yang akan datang.

"Saya selalu menekankan kalau di Kementerian Keuangan untuk mencatat ini karena belum tentu kejadian lagi," ujar Sri Mulyani, Selasa (28/12/2021).

Dengan demikian, ia menuturkan generasi yang akan datang bisa memiliki referensi jika menghadapi kembali musibah yang mirip dengan Covid-19 saat ini, di mana kejadian tersebut sebenarnya sudah beberapa kali terjadi namun dengan skala yang lebih kecil seperti virus Ebola dan SARS.

Salah satu pelajaran berharga yang diberikan pandemi COVID-19 adalah terkait dengan anggaran negara yang harus bisa lebih fleksibel, namun tetap transparan dan akuntabel.

"Terkadang bukan masalah uangnya, tetapi tata kelola atau governance ," ucap Bendahara Negara tersebut.

Menurut dia, saat anggaran negara sudah tersedia untuk menangani COVID-19, terdapat beberapa standar yang belum sesuai antar satu rumah sakit dengan yang lainnya, sehingga terjadi sedikit masalah.

Artikel Asli