Bos OJK Akan Temui Pemda di Seluruh Indonesia Bahas Ekonomi Hijau

Ekonomi | limapagi.id | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 13:32
Bos OJK Akan Temui Pemda di Seluruh Indonesia Bahas Ekonomi Hijau

LIMAPAGI - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menemui kepala daerah di seluruh Indonesia. Hal ini untuk membahas kebijakan ekonomi hijau.

Ketua OJK Wimboh santoso berharap, kebijakan pemerintah pusat seperti pajak kendaraan listrik yang 0 persen dan rencana OJK membuat taksonomi hijau dapat digaungkan ke seluruh daerah di Indonesia oleh kepala daerah.

"Tanpa bantuan pemerintah daerah, kebijakan pemerintah pusat tidak akan memberikan efek optimal," kata Wimboh, Selasa, 28 Desember 2021.

Menurutnya kepala daerah juga bisa membuat kebijakan untuk mendorong aktivitas ekonomi yang ramah lingkungan, misalnya memberi insentif pajak bagi produk berbungkus bahan ramah lingkungan.

Pemerintah daerah dan pusat juga harus bersinergi dalam menelurkan kebijakan. Contohnya saja kebijakan terkait mobil listrik yang telah siap digunakan untuk mobil dinas.

"Tapi produksinya sepertinya masih belum siap, ini tugas pemerintah pusat di Jakarta yang mesti mempersiapkan agar jangan sampai ada jarak antara supply dan demand," ucapnya.

Wimboh berharap ke depan pemerintah daerah di Indonesia dapat meniru negara-negara lain yang pemerintah daerahnya tidak mengizinkan kendaraan non-listrik yang tidak ramah lingkungan memasuki wilayah mereka.

Pemerintah terus mendorong aktivitas ekonomi yang berkelanjutan untuk merealisasikan komitmen dalam perjanjian Paris guna menurunkan emisi karbon hingga 29 persen dengan upaya sendiri pada 2030 dan 41 persen dengan bantuan internasional.

Selain bersinergi dengan pelaku usaha swasta dan kepala daerah, menurut Wimboh pemerintah Indonesia juga membahas ekonomi hijau dengan dunia internasional melalui Presidensi G20.

"Presiden dan seluruh kementerian berfokus bagaimana menjadikan topik ekonomi hijau dan digital menjadi topik utama dalam Presidensi G20 Indonesia," katanya.

Artikel Asli