Kekurangan PNS, Instansi Pemerintah Rekrut Tenaga Honorer

Ekonomi | okezone | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 13:17
Kekurangan PNS, Instansi Pemerintah Rekrut Tenaga Honorer

JAKARTA - Ombudsman Republik Indonesia mengungkapkan kurangnnya jumlah Pegawai Negeri Sipil ( PNS ). Sehingga rekrutmen tenaga honorer di beberapa instansi menjadi pilihan.

Di beberapa instansi faktanya masih berkekurangan dalam soal jumlah. Karena jumlahnya terbatas maka kemudian cara yang dilakukan pemerintah adalah dengan merekrut tenaga honorer. Macam-macam istilahnya. Ada yang disebut tenaga kontrak, ada yang disebut tenaga paruh waktu. Macam-macam. Intinya secara generik istilah yang kita pakai adalah tenaga honorer, katanya Anggota Ombudsman Robert Endi Jaweng, dalam Diskusi Publik Kebijakan dan Tata Kelola Tenaga Honorer Pada Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah, Selasa (28/12/2021).

Dia mengatakan, harus diakui bahwa tenaga honorer saat ini mengisi ruang-ruang kosong yang tidak diisi ASN.

Inilah SDM yang mengisi ruang-ruang kosong di instansi pemerintahan. Dari pekerjaan yang paling basic, pekerjaanya yang paling kecil. Itu apakah office boy, tenaga keamanan, pramubakti dan sebagainya. Kemudian masuk ke yang lebih mendasar tenag-tenaga administrasi. Bahkan tenaga substansi isinya adalah honorer, tuturnya.

Artikel Asli