Bulog Bakal Tambah Utang Lagi di 2022, untuk Apa?

Ekonomi | okezone | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 11:53
Bulog Bakal Tambah Utang Lagi di 2022, untuk Apa?

JAKARTA - Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso mengungkapkan bahwa Bulog kembali melakukan pinjam atau utang untuk penugasan pemerintah berupa penyerapan beras dalam negeri. Di mana beras tersebut nantinya digunakan untuk ketersediaan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) pada 2022.

Meski begitu, jumlah atau nominal pinjaman belum dapat dipastikan manajemen saat ini. Buwas, sapaan akrab Budi Waseso mencatat, langkah manajemen untuk menambah utang seiring dengan piutang perusahaan kepada pemerintah yang belum dibayarkan.

"Utang lagi (2022) nambah utang, harus, pasti. Misalnya, penugasan pemerintah Bulog menyerap 2 juta untuk apa? Saya akan menanyakan kembali untuk apa," ujar Buwas dalam konferensi pers, Selasa (28/12/2021).

Dia mengungkapkan utang pemerintah senilai Rp4 triliun merupakan utang penugasan negara kepada Bulog perihal pengadaan impor beras dan disposal 20.000 ton. Impor beras yang dimaksud berupa pemenuhan stok cadangan beras pemerintah (CBP) pada tahun-tahun sebelumnya. Sementara disposal 20.000 ton dengan nilai Rp173 miliar.

Hingga saat ini piutang perusahaan belum dibayarkan pemerintah. "Sampai saat ini utang negara kepada Bulog itu hampir Rp4 triliun belum terbayar. Saya sampaikan disposal 20.000 ton lalu sampai saat ini belum ada pembayarannya. Negara punya utang ke kami Rp 173 miliar dari situ (disposal)," ujar Buwas.

Artikel Asli