Toko Obat Viral, Beli Obat Seharga Jutaan dari Balik Pagar Besi

Ekonomi | inewsid | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 08:00
Toko Obat Viral, Beli Obat Seharga Jutaan dari Balik Pagar Besi

JAKARTA, iNews.id - Beberapa waktu lalu sempat viral rekaman video berdurasi kurang lebih 30 detik, yang menunjukkan antrian pembeli untuk mendapatkan obat yang harganya cukup fantastis. Video tersebut diunggah di TikTok oleh akun @yulie_sucitta.

"Nih, tokonya rame banget. Kalian tinggal bilang obat apa yang ingin kalian beli dan kalian tinggal bayar, ucapnya.

Tidak hanya obatnya yang menarik perhatian warganet, toko obat ini juga unik, lho. Tampak penjual dan pembeli dibatasi dengan teralis besi.

Transaksi pembelian obat dan pembayaran dilakukan dengan cash, serta menggunakan kartu debit dari mesin EDC. Meski begitu, pembeli obat tetap ramai mengantre di depan toko. Satu per satu mereka membeli obat yang diinginkan.

Sambil merekam suasana antrean pembeli dan toko obat dengan menggunakan smartphone. Pengunggah video ini menunjukkan suasana toko yang ramai dikunjungi pembeli, lalu dia menunjukkan kotak obat berukuran kecil berwarna oranye yang terdapat tulisan Mandarin. Saat dibuka, obat dalam kotak tersebut hanya enam butir kapsul.

Viral obat sultan, belinya dari luar pagar, isi cuma enam butir harga jutaan," tutur pemilik akun @yulie_sucitta.

Unggahan video obat 'sultan' tersebut langsung mendapat ragam komentar dari warganet di kolom komentar. Ada yang bertanya dan berbagi pengalaman saat membeli obat Tiongkok yang dijuluki obat sultan hingga mengakui keampuhannya.

"Blinya dimana ya kak saya juga abis operasi SC masih belum kering di kotaku nyari susah sekali. Aku pengen beli ini kak bantu info yg jual," tulis @Chelvy Belize

"Boleh tau ngk tokonya dijakarta mana....slnya mau nyari obat untuk penumpukan cairan diotak," tulis @lidiaetik23.

"Pas ibuku selesai operasi juga minum obat ini, ampuh bat 100%," tulis @Elysian.

(Foto: dok Toko Obat Tay Seng Ho)
(Foto: dok Toko Obat Tay Seng Ho)

Diketahui bahwa pengunggah video sedang membeli obat di Tay Seng Ho, sebuah toko obat di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Dia rela antri demi membeli obat sultan itu untuk ibunya yang baru saja menjalani operasi.

Lantas obat apakah yang terlanjur viral itu? Ternyata obat asli Tiongkok itu adalah Pien Tze Huang.

Grant Hartanto, sang pemilik toko tidak menyangka jika tokonya viral di jagat maya. Apalagi, sejak tokonya menjadi buah bibir di media sosial semakin banyak pengunjung datang untuk membeli obat. Obat ini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

(Foto: dok Toko Obat Tay Seng Ho)
(Foto: dok Toko Obat Tay Seng Ho)

"Sebagai penjual kita tentu senang, karena semakin banyak orang yang tahu dan tertarik mengenai obat Traditional Chinese medicine (TCM)," ucap pria pemilik toko obat tersebut.

Nyatanya, toko obat Tay Seng Ho sudah berdiri sejak 100 tahun yang lalu. "Untuk tanggal pastinya sendiri sudah kurang jelas, yang jelas sudah lebih dari 100 tahun. Saya sendiri generasi ke-4 dari Tay Seng Ho," tuturnya.

Mengenai harga obat yang dijuluki sebagai obat sultan karena harganya jutaan rupiah, menurutnya adalah suatu hal yang wajar. Apalagi seiring dengan kebutuhan obat ini yang saat ini terus meningkat. Untuk saat ini harga Pien Tze Huang Rp1.650.000.

Karena itulah, tidak menutup kemungkinan obat ini bisa tembus Rp2 juta ke depannya? katanya.

Apalagi, lanjut pria yang akrab disapa Koko Grant ini, sejak pandemi Covid-19, penjualan obat sultan ini juga terus mengalami peningkatan yang signifikan. "Seperti yang kita tahu bahwa virus ini paling banyak menyerang paru-paru. Sehingga dapat kita redakan bahkan sembuhkan dengan obat Pien Tze Huang," katanya.

(Foto : dok Pien Tze Huang)
(Foto : dok Pien Tze Huang)

Pien Tze Huang adalah obat tradisional Tiongkok yang punya fungsi utama menjaga kesehatan hati. Khasiatnya yang sudah dirasakan turun temurun membuat obat ini jadi incaran banyak orang. Banyak yang cari dari dulu, bahkan saya pun mengakui kemujaraban obat ini, ungkapnya.

Di Indonesia, Pien Tze Huang juga banyak dicari untuk penyembuhan pascaoperasi. Yang paling umum mereka membeli untuk mempercepat proses pengeringan pasca operasi. Pien Tze Huang merupakan obat 'ajaib' kebanyakan penyakit bisa sembuh menggunakan obat ini," katanya.

Sayangnya, minat masyarakat yang tinggi ini membuat pihak tak bertanggung jawab mengedarkan Pien Tze Huang palsu dengan iming-iming harga yang lebih murah. Untuk itu, agar tidak tertipu oleh obat abal-abal, Koko Grant Hartanto membagikan tips khusus untuk Anda.

(Foto: Pien Tze Huang)
(Foto: Pien Tze Huang)

"Banyak sekali Pien Tze Huang palsu di luar sana yang sulit dibedakan. Tips dari saya yang pertama, usahakan melihat barangnya langsung. Sehingga bisa melihat lebih detail dari kemasannya, pastikan tertera nomor ijin edar dari Badan POM RI sama ada hologram dari importir PT. Saras Subur Abadi. Kedua, jangan membeli Pien Tze Huang dengan harga miring, karena sangat tidak masuk akal menjual Pien Tze Huang dengan harga miring. Ketiga, Pien Tze Huang yang asli memiliki bau yang lebih khas. Terakhir, belilah Pien Tze Huang di toko obat terpercaya," katanya.

Selain tips dari Koko Grant tadi, agar tidak tertipu produsen obat palsu, sebaiknya jangan mudah percaya dengan iklan obat di website atau situs-situs online. Mudahnya beli Pien Tze Huang asli, carilah yang dari SSA, karena sudah jelas resmi dan terjamin.

(CM)

Artikel Asli