Perkebunan Desa Kalisalak Diluncurkan, Durian dan Kapolaga Jadi Unggulan

Ekonomi | gatra.com | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 08:16
Perkebunan Desa Kalisalak Diluncurkan, Durian dan Kapolaga Jadi Unggulan

Banyumas, Gatra.com Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono melaunching Program Perkebunan Desa Kalisalak, Kecamatan Kedungbanteng pada Senin (27/12). Turut hadir dalam acara ini Ketua Pusat Pelatihan Pertanian Swadaya (P4S), Ketua Bara JP Jawa Tengah, Komunitas Gusdurian, ketua serta Anggota Kelompok Tani Kalisalak Sejahtera.

Perkebunan ini memiliki dua komoditas andalan, yakni kapolaga sebagai tanaman jangka pendek dan durian sebagai tanaman jangka panjang. Durian menjadi unggulan lantaran harga dan permintaan yang terus melonjak dari waktu ke waktu.

Sadewo menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kelompok Tani Kalisalak Sejahtera atas inisiatif dan dedikasinya sehingga acara launching program perkebunan desa dapat terlaksana dengan baik.

Saya sangat mengapresiasi adanya Program Perkebunan Desa Kalisalak ini karena bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki mayarakat, didukung dengan lingkungan dan tentunya sudah selaras dengan Program Pemerintah Pusat terkait swasembada pangan, kemandirian dan kedaulatan pangan, ucapnya, di Banyumas, Senin (27/12).

Sementara, Ketua Kelompok Tani Kalisalak Sejahtera, Islahudin, dalam laporannya menyampaikan ada beberapa program yang direncanakan dalam rangka program perkebunan Desa Kalisalak.

Kegiatan tersebut terbagi menjadi dua program, yakni program jangka pendek dan program jangka panjang. Program jangka pendek yang telah dilakukan adalah penanaman bibit kapolaga. Sedangkan untuk program jangka panjang yaitu penanaman bibit durian yang mencapai 1.000 bibit.

Kami berharap melalui program Perkebunan Desa ini, nama desa Kalisalak semakin dikenal dengan hasil perkebunannya. Serta tercapai apa yang telah kita cita-citakan yakni kesejahteraan anggota kelompok tani atau masyarakat desa Kalisalak pada umumnya, ucap Islahuddin.

Artikel Asli