Asyik! BLT Rp900.000 Cair di Akhir Tahun

Ekonomi | okezone | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 06:09
Asyik! BLT Rp900.000 Cair di Akhir Tahun

JAKARTA Pemerintah kembali mencairkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau top up bansos sembako dan BLT Desa sebesar Rp300 ribu.

Bansos tersebut disalurkan untuk 35 kabupaten prioritas untuk mengentaskan kemiskinan ekstrim.

Untuk penambahan atau top-up Kartu Sembako maka nilai bantuan dan durasi menyesuaikan dengan sisa realokasi Perlinsos lainnya, seperti KPM Sembako dan cadangan Perlinsos, kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto belum lama ini.

Untuk program BPNT atau top up sembako disalurkan kepada 1,4 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Masyarakat yang ingin mendapatkan kartu sembako harus terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).

Dan harus memenuhi persyaratan antara lain, WNI yang terdampak pandemi dan bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI & POLRI. Serta termasuk kelompok keluarga miskin/rentan miskin.

Adapun BLT Desa akan diberikan kepada 8 juta penerima. Dengan syarat yang telah memenuhi kriteria.

"Diberikan kepada warga miskin atau yang tidak mampu di desa dengan besaran Rp300 ribu per kelompok penerima per bulan sehingga akan diperkirakan 8 juta kelompok penerima dengan anggaran Rp28,8 triliun," ujar Menkeu Sri Mulyani

Artikel Asli