Investor Singapura Ambil Alih Saham Produsen Kakao Wahana Interfood Seharga Rp83 Miliar

Ekonomi | inewsid | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 20:30
Investor Singapura Ambil Alih Saham Produsen Kakao Wahana Interfood Seharga Rp83 Miliar

JAKARTA, iNews.id - Perusahaan investasi asal Singapura, Mahogany Global Investment Pte Ltd (MGI), resmi mengambilalih 273.041.348 lembar saham produsen kakao, PT Wahana Interfood Nusantara Tbk (COCO).

Jumlah saham yang dibeli setara 30,68 persen dari seluruh saham yang dikeluarkan dan disetor perseroan, dengan memakai harga pelaksanaan sebesar Rp304 per saham. Sehingga jika dihitung, maka MGI mengeluarkan kocek senilai Rp83 miliar.

MGI telah melaksanakan aksi korporasinya sekaligus mengambil sisa saham yang tidak diambil pemegang saham lain selaku pembeli siaga COCO dalam gelaran Penambahan Modal Dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD) atau Rights Issue pada 23 Desember 2021.

Adapun tujuan pengambilalihan ini merupakan strategi MGI untuk memberi nilai tambah perusahaan, sekaligus menempatkan investor Negeri Singa ini sebagai pengendali baru saham COCO.

Sebelum pengambilalihan, MGI tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Wahana Interfood Nusantara, sebagaimana dilaporkan manajemen COCO dalam situs resminya, dikutip Minggu (26/12/2021).

Untuk merampungkan prosesnya, MGI berkewajiban melakukan Penawaran Tender Wajib yang diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) 9/2018.

Sementara dana yang diterima COCO, sebanyak 85% akan digunakan untuk melunasi pinjaman bank dan sisanya untuk modal kerja

Mahogany Global Investment Pte Ltd merupakan entitas afiliasi dari Meranti Global Investment Pte Ltd. Sebanyak USD7.828.201 atau mewakili 100 persen saham MGI dimiliki oleh Meranti.

Artikel Asli