Punya Fasilitas Lengkap, Pelabuhan Ketapang Bisa Jadi Contoh Jalankan Prokes

Ekonomi | limapagi.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 19:25
Punya Fasilitas Lengkap, Pelabuhan Ketapang Bisa Jadi Contoh Jalankan Prokes

LIMAPAGI - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang, Jawa Timur, telah tersedia pos pengamanan dan pelayanan vaksinasi, serta tes antigen. Hal ini untuk melayani calon penumpang yang belum melakukan vaksin dosis lengkap dan untuk melakukan pengecekan secara acak.

"Di sini kolaborasi antara Bupati, Forkompinda, Kepolisian, dan unsur terkait lainnya telah berjalan dengan baik. Penanganan mobilitas dan prokes di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang bisa menjadi contoh yang baik bagi daerah lainnya," kata Budi Karya di Jakarta, Minggu 26 Desember 2021.

Saat melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi meninjau Pelabuhan Penyeberangan Ketapang dan Bandara Blimbingsari, dia memastikan pengetatan protokol kesehatan di masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021/2022 diterapkan dengan baik di lapangan. Dia mengatakan, pengelolaan prokes di Pelabuhan Penyeberangan Ketapang sangat menentukan pergerakan ke Jawa dan Bali.

Selama tiga bulan terakhir tidak ada penumpang yang dinyatakan positif di pelabuhan ini.

"Pergerakan penumpang dan barang relatif datar di sini. Sekitar 2.500 kendaraan dan 1.000 penumpang per hari," ujarnya.

Namun demikian, dia tetap mengingatkan semua pihak agar tidak lengah dan tetap disiplin menerapkan prokes dengan ketat.

"Penjagaan dilakukan dengan ramah dan humanis, dan harus konsisten dilakukan pengecekan secara acak," ujarnya.

Sementara di Bandara Blimbingsari, dia mengunjungi Posko Natal dan Tahun Baru, serta meninjau pesawat latih Akademi Penerbangan Indonesia Banyuwangi. Berdasarkan data sementara di Posko Nataru Bandara Blimbingsari, pergerakan penumpang pada masa libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 selama 17-25 Desember 2021 juga mengalami penurunan 41,6 persen yaitu 2.295 penumpang dibandingkan tahun lalu sebanyak 3.394 penumpang.

Sementara itu, pergerakan pesawat selama tanggal 17-25 Desember 2021 mengalami penurunan 68 persen yaitu 32 pergerakan pada tahun ini dibandingkan pada periode Nataru sebelumnya sebanyak 100 pergerakan pesawat. Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi V DPR Sumail menyampaikan apresiasi atas sinergitas kelembagaan di Pelabuhan Ketapang.

Dia juga menekankan agar Kemenhub dan PT ASDP tetap memperhatikan kelaikan kapal yang beroperasi melayani penumpang pada masa libur Natal dan tahun baru. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiendani menyampaikan selama masa libur Natal dan tahun baru, pihaknya berserta segenap Forkompida siap mendukung penerapan pengetatan protokol kesehatan di simpul-simpul transportasi seperti di bandara maupun pelabuhan.

Artikel Asli