Trafik Arus Balik Nataru di Tol Trans Sumatera Diprediksi Melonjak 34,7 Persen

Ekonomi | inewsid | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 13:46
Trafik Arus Balik Nataru di Tol Trans Sumatera Diprediksi Melonjak 34,7 Persen

JAKARTA, iNews.id - Pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), PT Hutama Karya (Persero) memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik lalu lintas pada arus balik di JTTS usai Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) mencapai 34,73 persen. Lonjakan trafik tersebut diperkirakan bakal terjadi pada 2 Januari 2022.

Executive Vice President Divisi OPT Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, pada momen Nataru, Hutama Karya memprediksi lalu lintas di jalan tol yang dikelola Hutama Karya khususnya Jalan Tol Trans Sumatera akan kembali meningkat.

Untuk arus balik diprediksi akan mengalami lonjakan hingga 34,73 persen pada tanggal 2 Januari 2022," kata Dwi dalam keterangannya, dikutip Minggu (26/12/2021).

Hutama Karya pun mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

Sementara Ketua Tim Satgas Nataru dan EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo menambahkan, kesadaran berkendara saat Nataru perlu ditingkatkan karena di saat-saat itulah volume kendaraan mulai naik di sepanjang jalan tol.

Dia mengingatkan, pengendara harus terus memperhatikan kondisi fisik saat menyetir. Bila lelah dan mengantuk, hendaknya langsung istirahat di rest area terdekat dan dilarang melanjutkan perjalanan.

Sementara itu, Hutama Karya tengah melakukan pemeliharaan dan perbaikan di 69 titik ruas tol, di antaranya dari KM 50 sampai dengan KM 59 pada Ruas Bakauheni Terbanggi Besar, KM 147 sampai dengan KM 329 pada Ruas Terbanggi Besar Pematang Panggang Kayu Agung, dan KM 23 sampai dengan 32 pada Ruas Jakarta Outer Ring Road Seksi S (JORR S).

Artikel Asli