Miliarder Pendiri TikTok Jadi Pria Terkaya China di Bawah Usia 40 Tahun

Ekonomi | inewsid | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 07:05
Miliarder Pendiri TikTok Jadi Pria Terkaya China di Bawah Usia 40 Tahun

SHANGHAI, iNews.id - Pendiri ByteDance, induk usaha TikTok, Zhang Yiming menjadi miliarder terkaya China di bawah usia 40 tahun. Ini berdasarkan daftar yang dipublikasikan Hurun Research Institute pada Jumat (24/12/2021) waktu setempat.

Pada pertengahan September lalu, kekayaan pria berusia 38 tahun ini bertambah 230 miliar yuan atau Rp515,6 triliun menjadi 340 miliar yuan atau Rp762,2 triliun dari periode yang sama tahun lalu. Lonjakan kekayaan Zhang merupakan yang terbesar di antara miliarder lain hingga dia menjadi orang terkaya kedua di China.

"Zhang Yiming sangat mungkin menjadi orang terkaya berikutnya di China, terutama jika (ByteDance) berhasil go public ," kata Ketua Hurun Research Institute Rupert Hoogewerf, dikutip dari China Morning Post , Minggu (26/12/2021).

TikTok menjadi aplikasi berbagi video yang sangat populer dan paling banyak diunduh di dunia. Sementara induknya, BytDance, menurut laporan terbaru Hurun Global Unicorn Index, juga telah melampaui Ant Group milik Jack Ma sebagai unicorn paling berharga di dunia dengan valuasi mencapai 350 miliar dolar AS.

Zhang berada di peringkat kedua dalam Daftar Orang Terkaya China versi Hurun pada Oktober lalu. Posisi orang terkaya China di peringkat pertama ditempati Zhong Shanshan dari Nongfu, setelah kekayaannya naik tiga kali lipat dibanding tahun lalu. Kekayaannya melampaui kekayaan pendiri Tencent Holdings, Pony Ma dan Alibaba Group Holding, Jack Ma.

Tahun ini, 32 pengusaha ditambahkan ke daftar peringkat, paling banyak sejak Hurun mulai menyusun daftar miliarder di bawah usia 40 tahun. Sebagian besar berasal dari sektor manufaktur, ritel, dan hiburan.

Ye Gang, salah satu pendiri Sea Group, sebuah perusahaan internet yang memiliki platform belanja online Shopee, adalah orang terkaya kedua di bawah usia 40 tahun dengan kekayaan bersih 70 miliar yuan. Sea Group merupakan perusahaan yang didukung oleh Tencent.

Chris Xu, pendiri dan CEO retail fast fashion online Shein, adalah pendatang baru dan menempati peringkat ketiga dengan kekayaan bersih 40 miliar yuan. Sedangkan Li Xiang, pendiri Hong Kong dan Li Auto yang terdaftar di Nasdaq, berada di peringkat keempat setelah kekayaannya melonjak 63 persen menjadi 39 miliar yuan di tengah ledakan industri kendaraan listrik China.

"Total kekayaan pengusaha di bawah 40 tahun mencatat lonjakan 7 persen menjadi 1,097 triliun yuan dari tahun lalu, ini rekor tertinggi," ujar Hoogewerf.

Adapun sekitar 11 pengusaha terlempar dari daftar setelah kekayaan mereka menyusut di bawah 2 miliar yuan. Liu Yachao, salah satu pendiri TAL Education Group berusia 39 tahun termasuk di antara mereka. Harga saham perusahaan yang terdaftar di Bursa New York tersebut, merosot 94 persen sepanjang tahun ini. Itu akibat pemerintah Beijing menindak sektor bimbingan belajar setelah sekolah untuk mengurangi beban siswa dan orang tua.

Sedangkan Zhang Bangxin, salah satu pendiri TAL lainnya, mencatat penurunan kekayaan bersih terbesar 89,3 miliar yuan.

Artikel Asli