Inflasi Desember Terbesar Disumbang Mahalnya Harga Cabai

Ekonomi | radartegal | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 07:00
Inflasi Desember Terbesar Disumbang Mahalnya Harga Cabai

Inflasi Desember 2021 dipredisi akan mencapai 1,79%. Perkiraan itu didasarkan survei Bank Indonesia (BI) pada minggu IV Desember 2021.

Hasilnya, perkembangan harga pada Desember 2021 tetap terkendali dan diperkirakan inflasi sebesar 0,49% (mtm). Direktur Eksekutif Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, penyumbang utama inflasi Desember 2021 sampai dengan minggu IV yaitu komoditas komoditas cabai rawit sebesar 0,13% (mtm).

Kemudian, minyak goreng sebesar 0,07% (mtm), daging ayam ras, dan cabai merah masing-masing sebesar 0,04% (mtm), sedangkan telur ayam ras dan tarif angkutan udara masing-masing sebesar 0,02% (mtm), bawang merah, sabun detergen bubuk dan semen masing-masing sebesar 0,01% (mtm).

"Sementara itu, beberapa komoditas mengalami deflasi yaitu daging sapi sebesar -0,01% (mtm)," kata Erwin di Jakarta, Sabtu (25/12).

Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

"Serta langkah-langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan dan menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan," pungkasnya. (der/zul)

Artikel Asli