Nasib 1,6 Juta PNS Administrasi `Dirumahkan`, Cek 4 Faktanya

Ekonomi | okezone | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 04:44
Nasib 1,6 Juta PNS Administrasi `Dirumahkan`, Cek 4 Faktanya

JAKARTA Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo menyebutkan, pemerintah mulai melakukan penataan terhadap 1.569.636 PNS tenaga pelaksana atau administrasi.

Berikut fakta menarik 1,6 juta PNS administrasi tak mungkin dipensiunkan yang dirangkum di Jakarta, Minggu (26/12/2021).

1. Pemerintah Mulai Melakukan Penataan

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo menyebut bahwa pemerintah mulai melakukan penataan terhadap pegawai administrasi tersebut. Hal itu mengingat pemerintah tidak dapat serta merta memberhentikan para pegawai administrasi.

Kan tak mungkin tenaga pelaksana itu langsung seperti BUMN dipensiunkan, dipesangon. Nanti Pak Sekjen Kementerian keuangan pasti akan pusing kalau seandainya 1,6 juta harus dapat pesangon. Saya kira 1,6 tenaga pelaksana, administrasi ini mulai ditata, katanya dalam acara cara Penganugerahan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

2. Tenaga Administrasi Ditugaskan Jadi Guru

Tjahjo Kumolo menjelaskan, sebelumnya tenaga administrasi ini ditugaskan menjadi guru. Terkait hal ini pihaknya pun telah membuka lowongan 1 juta PPPK guru tahun ini.

Sekarang ada 1 juta PPPK untuk guru. Kemarin (tenaga) diambilkan dari 1,5 hampir 1,6 (tenaga administrasi), ungkapnya.

Artikel Asli