5 Fakta Nasib Garuda Indonesia, Diprediksi Bangkrut hingga Pecat 2.400 Karyawan

Ekonomi | okezone | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 03:54
5 Fakta Nasib Garuda Indonesia, Diprediksi Bangkrut hingga Pecat 2.400 Karyawan

JAKARTA PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk diprediksi gulung tikar atau bangkrut. Hal ini karena besarnya utang perseroan hingga Rp139 triliun.

Berikut fakta Garuda Indonesia diprediksi bangkrut oleh Dahlan Iskan yang dirangkum di Jakarta, Minggu (26/12/2021).

1. Dahlan Iskan Prediksi Garuda Indonesia Bangkrut

Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan menilai, Kementerian BUMN membiarkan Garuda Indonesia digugat ke pengadilan melalui Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

PKPU sudah menetapkan waktu 45 hari, terhitung sejak 9 Desember 2021 lalu. Artinya, dalam 45 hari itu harus ada kesepakatan antara Garuda dan para pemilik piutangnya.

"Kalau dalam 45 hari tidak terjadi kesepakatan, PKPU yang ambil putusan, Garuda dinyatakan bangkrut. Atau putusan lainnya, tinggal menghitung hari," ujar Dahlan.

2. Pengadilan Niaga Pengadilan Jakarta Pusat Kabulkan Permohonan PKPU

Pada 9 Desember 2021, Pengadilan Niaga Pengadilan Jakarta Pusat mengabulkan permohonan PKPU Sementara terhadap Garuda Indonesia yang diajukan oleh PT Mitra Buana Koorporindo.

Meski begitu, manajemen Garuda Indonesia tengah menyiapkan proposal perdamaian yang nantinya ditawarkan saat sidang lanjutan setelah emiten berstatus PKPU.

Untuk informasi, Mitra Buana Koorporindo merupakan pihak yang ditunjuk Garuda guna melaksanakan penyediaan perangkat, deployment, dan manage service atas perangkat EUC Dom berdasarkan perjanjian.

Dalam tuntutan PKPU, Mitra Buana Koorporindo menjelaskan ada beberapa tagihan yang belum dibayar Garuda. Gugatan yang disampaikan mencapai Rp 4,16 miliar.

Artikel Asli