Loading...
Loading…
BBM Premium Dihapus Bikin Pertamina Untung

BBM Premium Dihapus Bikin Pertamina Untung

Ekonomi | okezone | Jumat, 24 Desember 2021 - 13:44

JAKARTA - Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan menilai Pertamina mendapat keuntungan jika BBM premium dihapus pada tahun depan.

Hal ini dikarenakan Pertamina tidak harus menanggung beban karena dari sisi harga saat ini masih jauh di bawah keekonomian. Sementara bagi pemerintah juga mengurangi beban dari sisi sektor kompensasi yang diberikan kepada Pertamina.

"Saya cukup optimis karena ini momen yang tepat. Jika memang harus dihapuskan, saya kira Pertamina akan menjalankan. Jika memang tidak, mereka akan tetap melanjutkan," katanya dalam Market Review IDX Channel, Jumat (24/12/2021).

Mamit juga menilai langkah penghapusan BBM jenis premium di tahun 2022 sudah tepat. BBM jenis premium merupakan bahan bakar subsidi sehingga menjadi beban bagi keuangan negara. Di sisi lain, pengguna premium juga sudah semakin menurun dibandingkan beberapa tahun lalu.

"Jadi saya kira ini menjadi momentum yang tepat bagi pemerintah untuk menghapus premium. Kita tahu premium ini masuk ke dalam jenis bahan bakar penugasan di mana ada subsidi ataupun ada kompensasi yang diberikan kepada Pertamina oleh pemerintah," ujarnya.

Original Source

Topik Menarik