Loading...
Loading…
Apa Itu Tahun Fiskal?

Apa Itu Tahun Fiskal?

Ekonomi | wartaekonomi | Jumat, 24 Desember 2021 - 10:30

Tahun fiskal adalah periode satu tahun yang digunakan oleh pemerintah atau perusahaan untuk pelaporan dan penganggaran keuangan. Tahun fiskal dapat dimulai pada 1 Januari hingga 31 Desember. Namun, tidak semua menggunakan tahun fiskal yang sesuai dengan kalender.

Mengetahui tahun fiskal penting bagi perusahaan dan investor mereka karena memungkinkan mereka untuk secara akurat mengukur pendapatan dan pendapatan dari tahun ke tahun.

Negara, perusahaan, dan organisasi dapat memulai dan mengakhiri tahun fiskal mereka secara berbeda, tergantung pada praktik akuntansi dan audit eksternal mereka.

Tahun fiskal pemerintah federal AS misalnya berlangsung dari 1 Oktober hingga 30 September. Kemudian, tahun fiskal untuk sebagian besar organisasi nirlaba berlangsung dari 1 Juli hingga 30 Juni. Tahun fiskal yang bervariasi dari tahun kalender biasanya dipilih karena sifat bisnis yang spesifik.

Dalam hal ini, tahun fiskal akan berakhir pada hari yang sama dalam seminggu setiap tahun, mana saja yang paling dekat dengan tanggal tertentu, seperti Sabtu terdekat hingga 31 Desember. Sistem ini secara otomatis menghasilkan sekitar 52 minggu fiskal tahun dan beberapa tahun fiskal 53 minggu.

Baca Juga :
Pengetatan Defisit Fiskal Terlalu Cepat Picu Kontraksi

Satu tahun fiskal mencakup dua belas bulan dan sesuai dengan periode pelaporan keuangan perusahaan. Tahun fiskal mungkin berbeda dari tahun kalender. Tahun fiskal merupakan perhatian penting untuk tujuan akuntansi karena mereka terlibat dalam pengajuan pajak, penganggaran, dan laporan keuangan.

Banyak perusahaan teknologi mengalami volume penjualan yang kuat selama bulan-bulan awal tahun, yang dapat menjelaskan mengapa dalam banyak kasus, tahun fiskal mereka akan berakhir pada akhir Juni. Sementara, beberapa organisasi berbasis media/komunikasi menggunakan kalender siaran sebagai dasar untuk tahun fiskal mereka.

Tahun fiskal biasanya dinamai sesuai tahun berakhirnya. Contohnya untuk tahun fiskal yang dimulai bulan Oktober 2021 hingga bulan September 2022, maka namanya adalah tahun fiskal 2022.

Tahun kalender digunakan sebagai tahun fiskal oleh sekitar 65% perusahaan yang sahamnya terdaftar di bursa efek di Amerika Serikat dan juga sebagian besar perusahaan besar di Inggris dan hampir di seluruh dunia, kecuali Australia, Selandia Baru, dan Jepang.

Baca Juga :
Reformasi Pemeriksaan Anggaran, BPK Terapkan Standar Audit Internasional ISSAI 12

Original Source

Topik Menarik

{