Loading...
Loading…
Pasien Covid-19 Varian Delta Melonjak, Pemerintah Klaim Biaya Perawatan Nyaris Rp50 Triliun

Pasien Covid-19 Varian Delta Melonjak, Pemerintah Klaim Biaya Perawatan Nyaris Rp50 Triliun

Ekonomi | inewsid | Selasa, 21 Desember 2021 - 13:34

JAKARTA, iNews.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah mengeluarkan dana dalam jumlah besar untuk membiayai perawatan pasien Covid-19 varian Delta yang melonjak di bulan Juli lalu. Adapun pembiayaan tersebut salah satunya untuk membayar klaim perawatan pasien di rumah sakit.

Sri Mulyani menjelaskan, hingga 30 November 2021, tercatat bahwa total klaim perawatan kesehatan untuk pasien Covid-19 menyentuh Rp49,6 triliun, yang dibayarkan bagi 768,9 ribu pasien.

"Ongkosnya terhadap ekonomi luar biasa besar. Hampir Rp50 triliun," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa edisi Desember, Selasa (21/12/2021).

Secara keseluruhan, Sri Mulyani mencatat dana kesehatan yang dianggarkan dalam APBN 2021 masih mendominasi. Selain membiayai penanganan Covid-19, anggaran kesehatan dialokasikan untuk jaminan kesehatan nasional (JKN).

"Hingga November akhir, realiasi anggaran kesehatan tercatat mencapai Rp220,4 triliun. Selain klaim perawatan, anggaran kesehatan telah mendanai pengadaan vaksin Covid-19 senilai Rp26 triliun, insentif tenaga kesehatan pusat Rp8,9 triliun, dan insentif tenaga kesehatan daerah Rp6,1 triliun," kata dia.

Selain itu, anggaran kesehatan juga telah disalurkan untuk membiayai iuran PBI JKN senilai Rp38,4 juta dan bantuan iuran JKN bagi peserta bukan penerima upah kelas III sebesar Rp1,4 triliun. Selanjutnya, anggaran dialokasikan untuk Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dan Bantuan Operasional Keluarga Berencana (BOKB) sebesar Rp9,5 triliun.

"Anggaran kesehatan tersebar di sejumlah kementerian dan lembaga. Selain Kementerian Kesehatan, anggaran ini juga dialokasikan di BKKBN, BPOM, Polri, Kementerian Pertahanan, Kementerian Kominfo, dan Kementerian PUPR untuk rumah sakit darurat," ucap Sri Mulyani.

Original Source

Topik Menarik