Loading...
Loading…
Kerja Sama dengan China dan Arab Saudi, Jokowi Klaim Kawasan Industri Hijau Indonesia Terbesar di Dunia

Kerja Sama dengan China dan Arab Saudi, Jokowi Klaim Kawasan Industri Hijau Indonesia Terbesar di Dunia

Ekonomi | inewsid | Selasa, 21 Desember 2021 - 13:12

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Pada kesempatan itu, Jokowi melakukan groundbreaking Kawasan Industri Hijau Indonesia di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, hari ini saya nyatakan dimulai grounbreaking kawasan industri hijau Indonesia di Kabupaten Bulungan Kalimantan Utara," kata Jokowi, Selasa (22/12/2021.

Menurut dia, kawasan ini merupakan hasil kerja sama Indonesia dengan investor dari berbagai negara. Diantaranya investor dari China dan Uni Emirate Arab (UEA).Tak hanya itu, Jokowi juga mengklaim kawasan ini akan menjadi yang terbesar di dunia.

"Semuanya akan bergabung. Dan ini kita harapkan akan menjadi kawasan industri hijau terbesar dunia. Bukan Kalimantan Utara, bukan Indonesia tapi dunia. Karena menyangkut lahan sampai detik ini 16.400 hektar. Dan targetnya 30.000 hektar," ujar Jokowi.

Menurut dia, pembangunan kawasan industri hijau ini menandakan dimulainya sebuah lompatan transformasi ekonomi Indonesia. Dimana Indonesia bisa mengelola sumber daya alam dari hulu sampai ke hilir.

Dan yang paling penting adalah penciptaaan lapangan pekerjaan yang sangat besar, karena akan memberikan income kepada negara, pendapatan kepada negara dalam bentuk pajak maupun non pajak.

"Sehingga akan memperbaiki neraca transaksi berjalan kita. Memrbaiki nanti kalau ekspor neraca perdangangan kita yang sudah bertahun-tahun kita tidak bisa menyelesaikan. Dan tentu saja devisa akan masuk," tutur Jokowi.

Dia mengatakan sangat menghargai apa yang sudah dimulai ini. Dia berharap manfaatnya bisa segera dirasakan.

"Saya sangat menghargai inisiatif para investor, para pemilik modal, para CEO yang sudah hadir dan membangun industrinya di sini. Dan kita harapkan hasilnya bisa kita lihat dalam waktu yang sesingkat-singkatnya," ujar Jokowi.

Original Source

Topik Menarik