Emas Masih Jadi Pilihan Investasi Masyarakat Indonesia

Ekonomi | jawapos | Published at Senin, 06 Desember 2021 - 14:30
Emas Masih Jadi Pilihan Investasi Masyarakat Indonesia

JawaPos.com-Investasi emas masih menjadi pilihan umum dalam berinvestasi, termasuk dalam kelompok usia muda generasi Y dan generasi Z. Manajer Riset Katadata Insight Center Vivi Zabkie mengatakan, dalam survei yang bekerja sama dengan Zigi.id dan Stockbit ini, lebih 60 persen responden mengaku saat ini memiliki emas.

"Kami secara total mensurvei 1.939 responden yang berinvestasi dalam beragam bentuk, baik tradisional maupun modern seperti investasi digital," kata Vivi dalam diskusi secara virtual, Senin (7/12).

Setelah emas, lanjutnya, investasi tanah dan usaha menjadi pilihan berikutnya. Sedangkan pada kelompok investasi digital, reksadana dan saham yang paling banyak dipilih.

Menurutnya, pemilihan emas sebagai instrumen investasi, karena umumnya dipersepsikan mudah dijual. Sementara jenis investasi digital karena faktor high return, kepraktisan dan modern.

"Pada variabel high risk, high return, praktis dan modern, investasi digital berada di TOP 3. Sementara pada variabel mudah dijual atau dicairkan emas unggul di posisi tertinggi," jelasnya.

Sementara itu, Head of Financial Education Stockbit & Bibit.id, Vivi Handoyo Lie mengakui, jika investor baru cukup banyak muncul beberapa tahun belakangan ini. Ia mengatakan ini terlihat dari pengguna flatform mereka.

Pihaknya memastikan investor baru atau pemula ini dapat melakukan investasi dengan tepat dan aman, Ia juga berusaha membantu dengan menghadirkan Stockbit Academy. Lewat fasilitas ini, kata dia, para pengguna dapat belajar saham dari nol, dengan dipandu oleh pengajar yang profesional.

"Supaya tidak terjebak investasi bodong atau caranya salah jadi terlalu berisiko. Agar visi masa depan lebih baik, kita menghadirkan bagaimana analisis dan membaca laporan keuangan, dengan bahasa yang mudah agar semua bisa mengerti," tuturnya.

Artikel Asli