Putusan MK Pengaruhi Persepsi Investor, Rupiah Hari Ini Masih Melemah

Ekonomi | jawapos | Published at Jumat, 26 November 2021 - 13:31
Putusan MK Pengaruhi Persepsi Investor, Rupiah Hari Ini Masih Melemah

JawaPos.com Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan sebagian gugatan terhadap UU Cipta Kerja juga turut mempengaruhi pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerikat Serikat (USD). Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) siang ini, Jumat (26/11), rupiah berada di posisi Rp 14.280 per USD.

Keputusan MK yang mengabulkan sebagian gugatan terhadap UU Ciptaker bisa menjadi sentimen negatif ke rupiah, kata analis keuangan Ariston Tjendra kepada JawaPos.com, Jumat (26/11).

Ariston menyebut, bila tidak ada tindak lanjut dari pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk memperbaiki UU sesuai arahan MK akan memberikan persepsi negatif bagi para investor.

Bila UU dibatalkan, bisa memberikan persepsi negatif untuk investor terutama investor luar negeri karena aturan yang terus berubah, tuturnya.

Selain itu, sentimen yang berpotensi membuat rupiah tak berdaya di antaranya percepatan pengetatan moneter di AS. Hal itu masih menjadi pendorong penguatan USD terhadap nilai tukar lainnya.

Kemudian, tingginya kasus Covid-19 di negara-negara Eropa juga bisa menjadi penekan rupiah karena kekhawatiran pasar tersebut mendorong pasar keluar dari aset berisiko.

Hari ini Rupiah berpotensi tertekan ke arah 14.330 dengan potensi support di kisaran 14.250, pungkasnya.

Artikel Asli