BNI Tangkap Peluang Bisnis Smart City, Siapkan Solusi Keuangan Terintegrasi

Ekonomi | okezone | Published at Jumat, 26 November 2021 - 10:43
BNI Tangkap Peluang Bisnis Smart City, Siapkan Solusi Keuangan Terintegrasi

JAKARTA - Kota pintar(smart city)adalah konsep inovatif dalam mengatasi berbagai persoalan sekaligus meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Konsep ini pun semakin sering digunakan untuk mengembangkan wilayah perkotaan yang masyarakatnya membutuhkan mobilitas dinamis dan serba cepat guna mengakselerasi kinerja ekonomi daerah.

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) berkomitmen untuk memberikan solusi yang terintegrasi dengan teknologi informasi dalam tata kelola kota dan kabupaten di Indonesia.

Hal ini sejalan pula dengan kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membentuk Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (Satgas P2DD) untuk mendorong percepatan implementasi elektronifikasi transaksi di pemerintah daerah (ETPD).

Dalam hal ini, BNI pun ikut dalam kerja sama penggunaan fasilitas layanan jasa perbankan dan dukungan program smart city Pemerintah Kota Surakarta serta penyerahan rekor MURI untuk digitalisasi ekosistem pasar di Surakarta.

Acara penandatanganan nota kesepahaman dihadiri Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, Segenap Jajaran Muspida Kota Surakarta, Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filian Ningsih Hendarta, Kepala Perwakilan BI Surakarta, Nugroho Jaka Prastowo, Segenap rekan-rekan MURI, serta Direksi BNI, Jumat (26/11/2021).

Wakil Direktur Utama BNI Adi Sulistyowati menyampaikan konsep smart city menjadi salah satu pembahasan hangat dalam berbagai forum internasional seperti Forum G20 Bidang Digital di Agustus 2021.

Konsep smart city juga mulai dilirik investor, yang terlihat dari keberhasilan Presiden Jokowi dalam mengantongi komitmen Investasi dari beberapa negara termasuk kesepakatan G42.

"Demi mendukung konsep smart City ini, kami berkomitmen untuk memberikan solusi yang terintegrasi dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan publik, serta meningkatkan kesejahteraan warga," katanya.

Artikel Asli