Perjalanan Panjang Minyak Goreng Curah, Sempat Diizinkan Kini Dilarang Total Mulai 2022

Ekonomi | okezone | Published at Jumat, 26 November 2021 - 10:31
Perjalanan Panjang Minyak Goreng Curah, Sempat Diizinkan Kini Dilarang Total Mulai 2022

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) berencana melarang penjualan minyak goreng curah mulai 1 Januari 2022. Hal ini ditetapkan, karena harga minyak goreng curah sangat bergantung dengan harga minyak sawit atau Crude Palm Oil (CPO).

Jadi untuk ini pemerintah mengantisipasi dengan mewajibkan peredaran minyak goreng kemasan. Tidak diizinkan lagi, mulai 1 Januari 2022, minyak goreng diedarkan dalam keadaan curah, ujar Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan di Jakarta, Rabu 24 November 2021.


Ternyata, tarik ulur pelarangan minyak goreng cukup panjang. Dari sisi pengusaha menanti pelarangan minyak goreng curah sejak 11 tahun lalu.

Sejak 2010 hingga 2021, sudah banyak pelaku industri yang tergabung dalam GIMNI telah melakukan investasi miliaran Rupiah untuk mesin packing. Namun mesin tersebut belum dapat digunakan dengan optimal sampai saat ini. Tapi ketetapan penyetopan belum kunjung terealisasi.

"(Selama ini) maju mundur terus. Investasi ini bermiliar-miliar tapi enggak pernah dipakai. 11 tahun loh kami nunggu. Anggota kami sudah jenuh. Sampai akhirnya Juni 2021 kemarin kami minta kepastian jangan mundur lagi dan bisa terealisasi pada 1 Januari 2022," ujar Direktur Eksekutif Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) Sahat Sinaga kepada MNC Portal Indonesia .

Artikel Asli