Ridwan Kamil Populerkan NFT: Jalan Baru bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

Ekonomi | limapagi.id | Published at Jumat, 26 November 2021 - 09:56
Ridwan Kamil Populerkan NFT: Jalan Baru bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

LIMAPAGI - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil baru-baru ini turut mempopulerkan Non-fungible Tokens (NFT). Pasalnya, NFT akan menjadi transformasi kesejahteraan bagi pelaku ekonomi kreatif.

Dalam video yang diunggah dalam akun twitter pribadinya, Ridwan Kamil mengajarkan pelaku seni untuk menjual lukisannya di marketplace, Opensea. Hal ini Seiring dengan logika baru ekonomi digital, dirinya akan mentransformasi kesejahteraan baru newmind economy untuk para pelaku ekonomi kreatif.

"Yaitu bantu menjualkan karya-karya seniman jalanan di bursa aset digital dunia yaitu NFT via pasar marketplace Opensea," ujarnya dalam keterangan video tersebut, Jumat, 26 November 2021.

Dirinya menjelaskan, eksperimen ini dimulai dari membantu karya lukisan jalanan dari jalan Braga. Selain itu, dirinya juga akan eksperimen dengan melelangkan lukisan karyanya dan anaknya.

"Di register dan minting di Opensea dengan mata uang etherium, yang kemudian nanti dicairkan kembali dalam bentuk Rupiah untuk diserahkan kepada pemilik karya kreatif," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, dalam NFT benda jual belinya nyata dan transaksi akan kembali berujung ke dolar AS dan dikonversikan lagi ke Rupiah.

"Semoga upaya ini berhasil merevolusi kesejahteraan kreator-kreator karya kreatif Indonesia," ujarnya.

Artikel Asli