Didorong Sentimen Eksternal

Ekonomi | koran-jakarta.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 09:30
Didorong Sentimen Eksternal

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (25/11) sore, ditutup menguat dipimpin sektor transportasi dan logistik. IHSG menguat 16,07 poin atau 0,24 persen ke posisi 6.699,35. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 6,3 poin atau 0,66 persen ke posisi 965,14.

"Mayoritas indeks saham di Asia Kamis (25/11) sore ini ditutup turun setelah sejumlah rilis data ekonomi AS memicu ekspektasi bahwa bank sentral AS The Federal Reserve akan menarik dukungan finansial yang bernilai masif dan menaikkan suku bunga acuan lebih cepat dari yang diantisipasi pasar," tulis Tim Riset Phillip Sekuritas dalam ulasannya di Jakarta.

Data klaim tunjangan pengangguran awal memperlihatkan penurunan tajam dalam jumlah orang yang terkena PHK ke level terendah dalam lima dekade yang dibarengi dengan lonjakan pada pendapatan dan belanja konsumen.

Hal itu bukan hanya memperkuat optimisme bahwa ekonomi berjalan di jalur cepat pemulihan ekonomi, tapi juga menambah tekanan bagi The Fed untuk mencegah ekonomi AS dari kondisi yang terlalu panas (overheating).

Naskah dari pertemuan kebijakan The Fed pada bulan ini yang dirilis semalam memberi indikasi The Fed siap menaikkan suku bunga acuan lebih cepat jika diperlukan untuk mendinginkan inflasi.

Artikel Asli