Apa Itu Saldo Awal?

Ekonomi | wartaekonomi | Published at Jumat, 26 November 2021 - 09:30
Apa Itu Saldo Awal?

Saldo awal adalah jumlah dana dalam rekening perusahaan pada awal periode keuangan baru. Ini adalah entri pertama dalam akun, baik ketika perusahaan pertama kali memulai akunnya atau setelah akhir tahun. Saldo awal dalam akuntansi adalah saldo yang diajukan pada awal periode dari akhir periode akuntansi sebelumnya atau saat memulai.

Dalam perusahaan yang beroperasi, saldo akhir pada akhir satu bulan atau tahun menjadi saldo awal untuk awal bulan atau tahun buku berikutnya.

Saldo awal mungkin di sisi kredit atau debit buku besar. Saldo ini dibawa ke depan ke akun tahun keuangan baru dan kemudian menjadi saldo awal, entri pertama dalam periode akuntansi baru.

Selain itu, saldo awal penting jika Anda mentransfer akun dari satu sistem akuntansi ke sistem akuntansi lainnya. Dalam hal ini, entri terakhir di akun lama adalah saldo awal di akun baru.

Saldo awal digunakan di awal rencana keuangan pada neraca pembukaan. Lamanya waktu sebuah perusahaan telah beroperasi menentukan apa yang akan muncul di neraca pembukaan.

Saldo awal juga pondasi penyusunan pencatatan, karena penetapan saldo awal akan berpengaruh pada laporan-laporan yang nantinya dihasilkan melalui sistem informasi akuntansi yang akan digunakan. Nilai Saldo awal hanya diinput satu kali dengan nominal yang sesuai dengan apa yang ada pada perusahaan.

Artikel Asli