5 Jenis Usaha Rumahan yang Paling Bagus, Tidak Ada Matinya dan Menguntungkan

Ekonomi | jatimtimes.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 08:20
5 Jenis Usaha Rumahan yang Paling Bagus, Tidak Ada Matinya dan Menguntungkan

JATIMTIMES - Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh kebanyakan orang yang sudah berumah tangga adalah kecilnya pendapatan dan besarnya pengeluaran. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan memulai usaha rumahan.

Meskipun usaha rumahan ini tergolong sebagai usaha kecil, namun kamu sebagai pemilik usaha tetap dapat menjaga keberlangsungan usaha dalam jangka panjang, bahkan tidak mati-mati sampai turun ke generasi selanjutnya, lho.

Usaha rumahan yang tidak ada matinya ini merupakan usaha berskala kecil, dimana tempat pembuatannya berbasis rumahan sebagai tempat produksi. Sehingga tidak perlu biaya untuk membuat pabrik atau sewa tempat untuk menjalankan usaha. Cukup dengan bahan dan peralatan yang sederhana untuk menghasilkan produk yang siap dijual.

Nah, kira-kira apa saja sih ide usaha rumahan yang tidak ada matinya? Secara khusus akan dibahas pada penjelasan di bawah ini.

Usaha kue rumahan

Usaha kue rumahan mulai banyak berkembang dan dilakukan oleh banyak orang, terutama oleh para ibu rumah tangga. Hal ini berarti Anda perlu sangat kreatif dalam menciptakan produk kue yang menarik dan unik. Pastikan produk Anda mempunyai keunggulan sehingga akan lebih disukai oleh pasar.

Ide usaha ini bahkan bisa masuk kategori usaha rumahan modal 50 ribu namun profit atau keuntungan yang didapat sangat besar.

Usaha frozen food

Bagi kamu yang tinggal di kota, desa berkembang atau kompleks karyawan dan kampus, kamu bisa mencoba usaha rumahan yang satu ini yaitu membuka usaha forzen food.

Berikut ini contoh produk olahan frozen food yang bisa kamu bikin di rumah:

- Nugget

- Siomay

- Cireng

- Bakpao

- Sosis, dsb

Usaha tanaman hias

Tidak hanya wanita, sejumlah kaum adam juga banyak yang menyukai tanaman hias. Jenis tanaman hias pun semakin beragam dan masing-masing memiliki penggemar setianya yang jumlahnya tidak sedikit. Tak heran, tanaman hias dapat menjadi peluang usaha rumahan yang tidak ada matinya.

Selain dikarenakan hobi, tanaman hias juga menjadi komoditas dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, membuka usaha tanaman hias harus dijalankan dengan manajemen yang benar dan melalui perhitungan akuntansi yang tepat agar mampu menghasilkan keuntungan.

Jika kamu berminat untuk membuka usaha tanaman hias, maka harus belajar strategi bisnis dan manajemen usaha rumahan ini. Dalam menjalankan usaha ini jangan absen untuk mengkalkulasi modal, faktor risiko, pemilihan jenis tanaman yang akan diperdagangkan, dan strategi marketingnya.

Usaha minuman kekinian

Minuman kekinian sangat digandrungi banyak remaja, sehingga usaha ini bisa dibuka juga di lingkungan perumahan lho. Apalagi saat ini didukung dengan aplikasi GoFood dan GrabFood yang mendukung pemasaran produk makanan ataupun minuman.

Jadi, jika kamu tertarik untuk memulai usaha baru, bisnis rumahan ini sangat layak dijadikan pertimbangan. Apalagi saat ini sudah tersedia banyak varian minuman kekinian dengan jumlah peminat yang cukup tinggi.

Usaha warung makan

Usaha rumahan yang menguntungkan dan tidak akan mati adalah usaha warung makan. Benar saja, jenis usaha ini kamu sudah memiliki peluang dan prospek jangka panjang yang bagus. Apalagi jika warung makan yang kamu dirikan berada di dekat pusat perkantoran, kampus, atau tempat publik lainnya.

Itulah ulasan mengenai sekumpulan ide-ide usaha rumahan yang tidak ada matinya. Usaha rumahan tersebut bisa menjadi suatu peluang usaha yang cukup menjanjikan di tengah semakin sempitnya lapangan kerja yang tersedia. Semoga bermanfaat (ADV).

Artikel Asli