Harga Minyak Dunia Turun Menanti Respons OPEC

Ekonomi | okezone | Published at Jumat, 26 November 2021 - 06:16
Harga Minyak Dunia Turun Menanti Respons OPEC

JAKARTA - Harga minyak dunia merosot dalam perdagangan tipis pada Kamis (Jumat pagi WIB) saat liburan Thanksgiving AS. Harga minyak turun karena investor mengamati bagaimana produsen-produsen utama menanggapi pelepasan minyak darurat yang dipimpin AS, yang dirancang untuk mendinginkan pasar dan dengan OPEC sekarang memperkirakan rilis untuk meningkatkan persediaan.

Minyak mentah berjangka Brent telah tergelincir 8 sen atau 0,1%, menjadi diperdagangkan di USD82,17 per barel pada pukul 18.02 GMT. Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS juga merosot 36 sen atau 0,5%, menjadi diperdagangkan di USD78,03 per barel.

OPEC memperkirakan pelepasan cadangan minyak AS akan membengkakkan surplus di pasar minyak sebesar 1,1 juta barel per hari (bph), kata sumber dari kelompok itu.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak, Rusia dan sekutunya, bersama-sama disebut OPEC+, akan bertemu pada 1-2 Desember untuk menetapkan kebijakan.

"Mengingat hari libur di AS dan dengan volume (perdagangan) yang ringan, saya pikir pasar mencerna rilis yang telah kita lihat diumumkan, dan bertanya-tanya reaksi apa yang mungkin kita lihat dari OPEC+," kata Andrew Lipow, presiden Lipow Oil Associates yang berbasis di Houston.

Artikel Asli