Gus Iim: Pembangunan Desa Harus Menjadi Isu

Ekonomi | gatra.com | Published at Jumat, 26 November 2021 - 06:26
Gus Iim: Pembangunan Desa Harus Menjadi Isu

Jakarta, Gatra.com Praktisi Komunikasi Halim Mahfudz (Gus Iim) mengatakan bahwa berbagai pembangunan harus menjadi isu menarik untuk memajukan desa.

Pembangunan desa harus menjadi isu, kata Gus Iim dalam Focus Group Discussion (FGD) bertajuk Sosialisasi dan Strategi Komunikasi Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di Jakarta pada Kamis (25/11).

Selain itu, lanjut Gus Iim, dalam merencanakan program pembangunan desa, pemerintah harus melibatkan perwakilan atau pihak masyarakat desa yang mengetahui kondisi dan kebutuhan yang mereka perlukan.

Karena itu, untuk menjaring aspirasi warga desa, ia mengusulkan agar pembahasan berbagai hal dapat dilakukan pemerintah di desa supaya mereka turut berpartisipasi.

Kalau misalnya acara semacam ini dibikin saja di Jombang, di desa saya, atau di pondok [pesantren] saya, kita bisa cari tempat yang bisa menampung, kita bisa bikin di sana. Kenapa? Kita bisa mengundang masyarakat desa. Orang-orang desa bisa mendengar, ini loh masalah kalian itu, katanya.

Menurutnya, pembahasan tanpa melibatkan masyarakat atau perwakilan dari pihak desa menjadikan terputusnya usulan dari pihak masyarakat desa yang menjadi sasaran program.

Kenapa ini putus? Karena isu yang dibahas di ruang-ruang ini dengan yang dirasakan publik. Acara seperti ini enggak mengerti mereka. Dia ngerti bagaimana 2 hari lagi bisa dapat duit karena panen saya laku. Dan bagaimana panen saya laku, sekarang musim apa, nanam apa yang paling yang paling cocok?" ujarnya.

Artikel Asli