Perumahan Tahan Gempa Berstandar Jepang Kini Hadir di Lombok

Ekonomi | lombokpost | Published at Jumat, 26 November 2021 - 02:26
Perumahan Tahan Gempa Berstandar Jepang Kini Hadir di Lombok

MATARAM-Sebagai daerah yang dilalui Cincin Api, Pulau Lombok termasuk daerah rawan gempa. Masyarakat Pulau Seribu Masjid yang mendambakan rumah tahan gempa pun kini tak perlu risau. Rumah tahan gempa yang berstandar Jepang, kini sudah ada di Lombok. Tepatnya di Lendang Jae, Lombok Barat.

Perumahan tersebut dibangun PT IOne Home Indonesia. Untuk mengakses kepemilikan perumahan ini, IOne Home Indonesia menggandeng PT Bank JTrust Indonesia Tbk (JTrust Bank). Penandatangan kerja sama antara kedua entitas ini telah dilakukan Kamis (25/11/2021). Selain di Lombok, hunian tahan gempa serupa juga dibangun di Tabanan, Bali.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan Direktur Utama JTrust Bank Ritsuo Fukadai bersama Direktur J Trust Bank Djoko Prayitno dan Direktur Utama PT IOne Home Indonesia Akira Musumi dan Direktur Reiko Kakegawa.

Kami mendukung masyarakat Indonesia untuk memiliki hunian yang berkualitas yaitu tahan gempa dan berstandar Jepang, kata Ritsuo Fukadai di sela penandatanganan tersebut melalui keterangan tertulis.

J Trust Bank kata dia, akan memberikan tarif kredit kepemilikan rumah yang sangat kompetitif, terjangkau, dan jangka waktu pembiayaan hingga 30 tahun. Dia menegaskan, kerja sama IOne Home Indonesia dan J Trust Bank merupakan kombinasi yang luar biasa agar siapa pun dapat memiliki rumah yang aman dan berkualitas.

Di Lombok, proyek perumahan IOne Home Residence berada di Lendang Jae, Lombok Barat. Hanya berjarak tujuh menit dari Pelabuhan Lembar. Perumahan ini mengangkat konsep rumah modern yang tahan gempa yang terjangkau dan dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar akan perumahan yang aman dan nyaman.

IOne Home Indonesia mulai membangun perumahan ini semenjak akhir tahun 2019 dan kini telah mencapai tahap penyelesain dengan telah 127 unit siap huni. Terdiri dari tipe 27 dan tipe 36. Sementara tipe 45 baru akan selesai seluruhnya pada 2022.

Sementara di Bali, perumahan dibangun di areal seluas 57 are di Banjar Anyar Kediri. Rumah konsep modern tahan gempa tersebut dilengkapi fasilitas umum dan fasilitas sosial untuk kenyamanan penghuni. Sudah terdapat 60 unit rumah siap huni tipe 36 dengan harga terjangkau.

Direktur Utama PT IOne Home Indonesia Akira Musumi menuturkan, pertambahan penduduk yang semakin tinggi di NTB dan Bali, mendorong pihaknya untuk menyediakan perumahan yang memadai, aman, dan nyaman di lokasi yang strategis dengan harga yang terjangkau untuk semua golongan masyarakat.

Ini merupakan upaya kami untuk memberi kemudahan kepada siapa pun untuk memiliki hunian, katanya. (kus/r6)

Artikel Asli