Industri Teknologi China Akan Hadapi 5 Masalah Ini di 2022

Ekonomi | okezone | Published at Jumat, 26 November 2021 - 01:09
Industri Teknologi China Akan Hadapi 5 Masalah Ini di 2022

JAKARTA - China bersiap menghadapi berbagai tantangan di sektor teknologi di 2022. Dengan aturan yang diperketat, sektor teknologi yang sejak tahun lalu mengambil alih perekonomian China harus kehilangan miliaran dollar.

Dikutip dari CNBC, Jumat (26/11/2021), setidaknya akan ada 5 isu yang akan dihadapi sektor ini. Simak rangkumannya di bawah ini.

1. Penumpasan Teknologi China

November 2020 lalu, IPO perdana raksasa fintech Ant Group ditangguhkan. Setelah itu, Beijing memperkenalkan banyak aturan baru di berbagai bidang mulai dari antimonopoli untuk platform internet hingga undang-undang perlindungan data yang didukung.

Raksasa e-commerce Alibaba dan perusahaan pengiriman makanan Meituan telah menghadapi denda antimonopoli. Berbagai perusahaan teknologi merasa terbebani termasuk Alibaba yang merugi sebesar 41%.

2. Semikonduktor

Persaingan teknologi antara AS dan China yang masih berlangsung telah menambah urgensi bagi Beijing untuk meningkatkan swasembada di berbagai sektor. Salah satunya adalah semikonduktor, yang sangat penting untuk segala hal mulai dari mobil hingga ponsel.

Namun, China tengah berupaya mengejar ketertinggalannya dengan AS dan negara-negara lain. Hal itu terjadi karena barang yang menjadi semikonduktor rantai pemasokannya berasal dari negara lain.

3. Teknologi Garis Terdepan

Teknologi yang dianggap Beijing sebagai garis terdepan adalah Artificial Intelligence/Kecerdasan Buatan dan perjalanan ke luar angkasa. Mereka berambisi untuk mengirim seorang kru ke Mars 2023 mendatang.

Artikel Asli