Anak Usaha United Tractors (UNTR) Beri Pinjaman Rp24,5 Miliar

Ekonomi | okezone | Published at Kamis, 25 November 2021 - 14:28
Anak Usaha United Tractors (UNTR) Beri Pinjaman Rp24,5 Miliar

JAKARTA - Anak usaha PT United Tractors Tbk ( UNTR ), PT Bina Pertiwi (BP) sepakat memberikan pinjaman sebesar Rp24,5 miliar kepada PT Bina Pertiwi Energi (BPE) yang juga anak usaha UNTR untuk digunakan sebagai modal kerja.

Sekretaris Perusahaan UNTR, Sara K. Loebis menjelaskan bahwa BP memilih untuk memberikan pinjaman kepada BPE karena transaksi tersebut dapat membantu kegiatan operasional BPE dan lebih menguntungkan bagi BP apabila memperoleh pendapatan bunga dari pemberian pinjaman dibandingkan menyimpan di deposito.

Berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia disebutkan bahwa pinjaman BP kepada BPE akan dikenai bunga JIBOR +1% per tahun dengan periode ketersediaan dana satu tahun sejak tanggal perjanjian yang ditandatangani pada 19 November 2021 lalu.

Hubungan afiliasi antara BP dan BPE terlihat dari kepemilikan saham BP pada BPE dan kesamaan manajemen antara UNTR, BP, dan BPE pada saat transaksi dilakukan.

Perseroan menguasai saham BP sebesar 99,99% dan BP menjadi perusahaan pengendali atas BPE dengan kepemilikan saham sebesar 100%.

Artikel Asli