Kemendag Perkirakan Harga Minyak Goreng Terus Naik hingga Kuartal I 2022

Ekonomi | limapagi.id | Published at Kamis, 25 November 2021 - 13:16
Kemendag Perkirakan Harga Minyak Goreng Terus Naik hingga Kuartal I 2022

LIMAPAGI - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memprediksi harga minyak goreng terus melambung hingga tahun depan. Pasalnya, banderol Crude Palm Oil (CPO) yang merupakan bahan baku minyak goreng belakangan memang tengah meningkat pesat.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan menuturkan, peningkatan harga minyak goreng bisa bertahan hingga kuartal I 2022. Meski harga CPO naik, hal ini memberi dampak cukup serius bagi produk turunannya, yaitu minyak goreng.

Di satu sisi, harga CPO yang melonjak menjadi angin segar bagi kinerja ekspor karena mendongkrak nilai perdagangan Indonesia di banyak negara.

"Kita prediksi sampai kuartal I 2022 (harga) masih meningkat terus. Karena termasuk komoditas yang supercycle yang harganya meningkat tajam. Di satu sisi harga supercycle memberi berkah, di sisi lain memberi dampak negatif untuk minyak goreng. Jadi, ini naik terus dan ini kemungkinan beranjak naik terus," ujar Oke di Jakarta, Kamis 25 November 2021.

Untuk menanggulangi persoalan tersebut, dia memastikan sebanyak 11 juta liter minyak goreng mulai disalurkan ke 45.000 ritel perdagangan nasional sebagai langkah menangani kenaikan harga komoditas tersebut.

"Sudah disalurkan dan sedang berlangsung," ujarnya.

Minyak goreng murah tersebut dijual di 45.000 gerai Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) di seluruh Indonesia.

Harga minyak goreng ditetapkan Rp14.000 per liter dengan maksimal pembelian satu liter, dikutip dari Antara.

Artikel Asli