Aset Sitaan BLBI Jadi Asrama Ulama Istiqlal, Ini Permintaan Sri Mulyani

Ekonomi | limapagi.id | Published at Kamis, 25 November 2021 - 13:39
Aset Sitaan BLBI Jadi Asrama Ulama Istiqlal, Ini Permintaan Sri Mulyani

LIMAPAGI - Kementerian Agama (Kemenag) mendapatkan hibah aset yang lokasinya cukup strategis di Jakarta Pusat. Adapun luasnya mencapai 1.107 m2 dengan nilai 7,73 miliar.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, lahan tersebut akan digunakan Kemenag dalam hal ini Badan Pelaksana Pengelola Masjid Istiqlal untuk pendidikan yaitu Asrama Pendidikan Kader Ulama. Ini merupakan dukungan pemerintah untuk membangun program-program ulama.

Di satu sisi, Sri Mulyani meminta agar ada kader ulama dari kaum perempuan. "Ini merupakan dukungan pemerintah untuk membangun program-program terutama ulama perempuan, Hal ini saya sebagai perempuan senang dan ada santri-santri tahfidz Alquran," ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers virtual, Kamis, 25 November 2021.

Dirinya berharap, dengan memperkuat fungsi Masjid Istiqlal dapat memberikan pencerahan dan penguatan pelaksanaan ibadah agama. Terutama bagi umat Muslim.

"Kita harapkan ini memperkuat fungsi Masjid Instiqlal," ujarnya.

Seperti diketahui, hari ini pemerintah menyerahkan aset BLBI ke penerima hibah. Adapun yang menerima adalah pemkot Bogor dengan luas 103.290 m2 dengan toal nilai Rp345,7 miliar.

Sementara itu, aset juga diberikan ke 7 Kementerian dan Lembaga (K/L) dengan total luas 323.315 m2 dengan nilai Rp146,5 miliar. adapun 7 K/ tersebut adalah Badan Narkotika Nasional (BNN), Kementerian keuangan (Kemenkeu), Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Kemenag, Badan Pusat Statistik (BPS), Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), dan Kepolisian RI.

Dengan demikian aset eks BLBI yang diutilisasi seluas Rp426.605 m2 dengan nilai Rp492,2 miliar.

Artikel Asli