Luar Biasa! Intip Kekayaan Pertambangan Indonesia, Punya Cadangan Nikel Terbesar Dunia

Ekonomi | okezone | Published at Kamis, 25 November 2021 - 12:40
Luar Biasa! Intip Kekayaan Pertambangan Indonesia, Punya Cadangan Nikel Terbesar Dunia

JAKARTA - Kekayaan pertambangan Indonesia. Masyarakat harus tahu betapa kayanya Indonesia dari sisi pertambangan, mulai dari bauksit hingga nikel.

Dengan kekayaan tersebut, Indonesia dinilai akan menjadi daya tarik investasi pertambangan. Ini mengingat jumlah cadangan dan produksi beberapa komoditas mineral Indonesia yang masuk 10 besar dunia.

Hal ini disampaikan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif. Salah satunya adalah nikel, yang menempati posisi nomor satu dunia pada jumlah cadangan dan produksi.

"Mengapa Indonesia menjadi daya tarik investasi pertambangan? Menurut United States Geological Survey (USGS), cadangan nikel kita adalah nomor satu dunia, 23% cadangan nikel dunia ada di perut bumi Indonesia. Untuk produksi nikel juga Indonesia nomor 1. Kemudian ada bauksit yang menempati nomor 6 pada jumlah cadangan dan produksi dunia," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (25/11/2021).

Selain itu, cadangan tembaga Indonesia menempati posisi 7 dan produksinya ada di posisi 12 dunia. Komoditi emas berada di posisi 5 pada potensi dan 6 pada produksi. Produksi timah Indonesia mencapai 17% dari cadangan dunia atau berada pada posisi kedua, begitu pula dengan produksinya.

"Masih ada logam tanah jarang dan Lithium yang potensinya sangat besar, namun belum dapat diproduksi karena Indonesia belum memiliki teknologi untuk memisahkan dan memurnikan," katanya.

Artikel Asli