Hibahkan Aset Eks BLBI Rp492 Miliar ke Pemkot Bogor dan 7 K/L, Jangan Sampai Diserobot Lagi!

Ekonomi | okezone | Published at Kamis, 25 November 2021 - 12:17
Hibahkan Aset Eks BLBI Rp492 Miliar ke Pemkot Bogor dan 7 K/L, Jangan Sampai Diserobot Lagi!

JAKARTA - Aset sitaan obligor Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) dengan total nilai Rp492 miliar dihibahkan ke Pemkot Bogor dan 7 Kementerian/Lembaga.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD meminta agar para penerima hibah segera menggarap aset tersebut sesuai dengan tujuannya.

"Tolong tanah itu segera digarap sesuai dengan tujuannya, jangan sampai terlantar lagi, seperti kata bu Menkeu (Sri Mulyani), dimiliki, tidak digarap, diserobot orang lagi," kata Mahfud dalam acara Serah Terima Aset BLBI Pemerintah kepada penerima hibah, Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Mahfud mengakui, banyak kasus tanah milik negara yang berpindah tangan ke pihak perorangan gegara terabaikan. Dirinya mencontohkan kasus yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT). Awalnya, terdapat tanah adat yang diserahkan ke negara. Tiba-tiba, kepemilikannya berubah menjadi perseorangan.

"Jadi ini kepala daerah dapat, BPN (Badan Pertanahan Nasional) dapat, padahal itu sudah ada aktanya milik negara. Hasilnya pengadilan mengatakan ini nggak bisa karena belum dibukukan dalam kekayaan negara, padahal sudah diserahkan. Jadi sebelum dibukukan dibagi-bagi sama kepala daerahnya," katanya.

Mahfud berpesan agar kasus serupa tidak terjadi. "Tolong segera digarap, dibangun. Kalau memang belum bisa dibangun, pembukuannya harus jelas," katanya.

Artikel Asli