Terungkap! Alasan Utama Erick Thohir Urusi Toilet SPBU

Ekonomi | sindonews | Published at Kamis, 25 November 2021 - 10:39
Terungkap! Alasan Utama Erick Thohir Urusi Toilet SPBU

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir membeberkan alasan utama dirinya mengurusi toilet di SPBU milik PT Pertamina (Persero). Menurut dia, hal itu berangkat dari keprihatinan atas biaya yang dikenakan pengelola SPBU.

Dalam sesi wawancara dengan iNewsTV, Erick mengaku prihatin karena fasilitas umum dikenakan biaya. Apalagi, fasilitas tersebut milik perusahaan pelat merah.

Dalam pandangannya, kebijakan pengelola SPBU yang mengenakan biaya terhadap pengguna toilet akan memberatkan sebagian masyarakat yang masih memiliki pendapatan terbatas. Misalnya, tukang ojek, tukang taksi, hingga pedagang kecil.

"Ya, saya cuman melihat ya prihatin karena kan kalau berbayar itu apa gini fasilitas umum yang sudah layaknya gratis. Ini membebani untuk tukang ojek, tukang taksi, pedagang kecil yang memang pendapatannya juga kan terbatas," ujar Erick, dikutip Kamis (25/11/2021).

Dia pun menegaskan tidak ada tujuan lain selain memastikan fasilitas umum milik negara harus mendukung keperluan masyarakat. "Seyogyanya memang harus didukung untuk fasilitas umum ini. Jadi seperti itu, tidak ada bermaksud apa-apa," tukasnya.

Erick melanjutkkan, BUMN tidak saja menjadi korporasi namun juga sebagai perusahaan yang memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, Erick berharap masyarakat tetap memberikan masukan agar bisa berdampak baik terhadap transformasi perusahaan.

"Tentu kebersihan atau lain-lainnya itu, hal-hal yang memang kalau di fasilitas umum harus menjadi tanggung jawab, ya kalau kita ingin melayani semua nggak boleh setengah-setengah," tukasnya.

Dia pun mengucapkan terima kasih kepada direksi Pertamina yang telah merespon dengan untuk menggratiskan penggunaan toilet di SPBU. "Saya yakin kemarin dari Pertamina sendiri sudah langsung merespon. Saya mengucapkan terima kasih kepada direksi di mana mereka sekarang menggratiskan di tempat toilet, dan ini bagian dari pada Pertamina melayani publik dengan baik," paparnya.

Artikel Asli