Loading...
Loading…
Nggak Suka Ketan karena Lengket? Duh Aduh… Rugi Banget! Ini Manfaat Kesehatan yang Ada pada Ketan

Nggak Suka Ketan karena Lengket? Duh Aduh… Rugi Banget! Ini Manfaat Kesehatan yang Ada pada Ketan

Ekonomi | wartaekonomi | Senin, 15 November 2021 - 02:50

Makan adalah sebuah kebutuhan medasar yang manusia harus lakukan. Dengan makan, kebutuhan akan nutrisi yang diperlukan tubuh akan terpenuhi dengan catatan makanan yang dimakan atau dikonsumsi tergolong sehat.

Buah dan sayur adalah makanan yang tergolong sehat karena mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, mineral, dll. Tenaga kesehatan (dokter, ahl gizi, dsj) selalu menganjurkan agar Anda rutin mengonsumsi buah dan sayur.

Tetapi, mungkin ketika mendengar salah satu makanan ini, Anda baru mengetahui bahwa makanan ini punya manfaat kesehatan.

Dengan ciri khas lengket ketika di sentuh, ketan menghadirkan cita rasa khas dibanding makanan lainnya dan ternyata ketan memiliki manfaat kesehatan. Apa saja manfaat kesehatan yang ada dalam ketan?

Dalam bahasa inggris, beras ketan juga dinamakan salah satunya glutinous rice, ini juga yang menghadirkan anggapan bahwa beras ketan memiliki gluten yang banyak, padahal bukan demikian. namanya ( glutinous rice ) berasal dari konsistensi seperti lem yang diambil jenis nasi ini saat dimasak.

Melansir laman Organic Facts berikut manfaat kesehatan beras ketan.

Membantu Mencegah Penyakit Kronis

Baca Juga: Nggak Usah Pusing Memikirkan Penyebab Diabetes, Ubah Hal Ini Maka Peluang Anda

Selenium dan berbagai vitamin dan mineral lainnya dalam ketan dapat membantu mengambil sifat antioksidan dalam tubuh, yang dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

Kontrol Glikemik Pasien Diabetes

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa makan ketan selama sehari dapat meningkatkan kontrol glikemik pada pasien diabetes tipe-2 yang dinilai dengan pemantauan glukosa terus menerus.

Dapat Membantu Menyembuhkan Peradangan

Vitamin tembaga, seng, dan B dalam bentuk nasi ini diketahui berpotensi meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh, yang dapat membantu mengurangi peradangan yang tidak perlu dan mengurangi ketegangan pada sistem Anda.

Dapat Meningkatkan Metabolisme

Banyak vitamin B yang ditemukan dalam ketan mungkin secara langsung terkait dengan metabolisme tubuh, termasuk pembuatan enzim, keseimbangan hormon, dan proses metabolisme penting lainnya.

Meski memiliki potensi manfaat kesehatan, selayaknya makanan lainnya, sangat dianjurkan untuk menerapkan moderasi jumlah asupan agar tidak menimbulkan dampak masalah kesehatan.

Kunjungi dokter atau tenaga kesehatan jika Anda memiliki penyakit bawaan terlebih dahulu sebelum memutuskan mengonsumsi ketan sebagai bagian diet sehat Anda.

Original Source

Topik Menarik

{
{
{
{