Tampil Cantik dan Seksi, Intip Yuk Gaji SPG GIIAS 2021

Ekonomi | sindonews | Published at Minggu, 14 November 2021 - 20:52
Tampil Cantik dan Seksi, Intip Yuk Gaji SPG GIIAS 2021

TANGERANG - Ajang pameran mobil di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 selalu ditunggu para pencinta otomotif. Selain melihat mobil keluaran terbaru, tak lengkap jika tanpa penampilan cantik, seksi dan menawan para Sales Promotion Girl (SPG).

Selain tampil mempesona, SPG di GIIAS juga dituntut berdiri berjam-jam sembari menawarkan mobil. SPG dibutuhkan perusahaan untuk menunjang keberhasilan promosi produk mereka. Ada yang membedakan upah SPG atau biasa disebut grade. Tingkat gaji SPG dibedakan lewat tinggi badan. Untuk grade A harus memiliki tinggi badan dari 166 sampai 172 sentimeter sedangkan grade B 165 sentimeter.

Grade A biasanya dipesan untuk memasarkan mobil mewah. Honor untuk SPG pada grade ini berkisar Rp400 ribu sampai Rp800 ribu per hari selama 5 jam. Selain tinggi badan, usia seorang perempuan juga menentukan. Usia SPG umumnya berkisar antara 16-30 tahun.

MNC Portal Indonesia (MPI) berbincang dengan Fransisca (23) salah satu SPG di event GIASS 2021 yang di gelar di BSD Tangerang, Banten. Sisca mengungkapkan gajinya sehari per 5 jam berkisar Rp400 ribu sampai Rp500 ribu per hari.

"Kita dibayarnya per shift. Per harinya sih lumayan di Rp400 ribu sampai Rp500 ribu. Tinggal dikalikan saja berapa kali kita masuk selama event berlangsung," kata Franssica saat ditemui di acara GIIAS hari ini.

Ia tak merasa keberatan apabila harus berdiri selama kurang lebih 5 jam. Soalnya dengan gaji sehari di kisaran Rp400 ribu sampai Rp500 ribu dinilai cukup laik. "Kalau full misalnya selama 12 hari kalikan saja tadi itu sudah lumayan banget untuk nambah-nambah kebutuhan. Di sini juga menyenangkan," ujarnya.

Francisca menceritakan awal mula menjadi SPG mendaftarkan diri di salah satu agensi tenama yang biasa merekrut untuk kegiatan event yang besar. "Saya kemarin lewat agensi daftar sendiri, tapi kadang dapat informasi dari teman-teman saya," kata dia.

Ia pun berharap gelaran pameran besar bisa dibuka kembali. Pasalnya selama pandemi event-event besar dan bergengsi digelar secara online. "Harapannya event nasional bisa bangkit dan pulih lagi," kata dia.

Artikel Asli