Heboh Teori Konspirasi Baru Sebut Bill Gates Seorang Penyihir

Ekonomi | wartaekonomi | Published at Kamis, 11 November 2021 - 16:40
Heboh Teori Konspirasi Baru Sebut Bill Gates Seorang Penyihir

Pandemi COVID-19 telah melahirkan beberapa teori konspirasi keterlaluan yang dikemas dengan informasi yang salah. Sebagai contoh, Bill Gates dituduh berencana untuk membuat microchip dunia melalui vaksin COVID-19.

Sebuah analisis oleh The Guardian berdasarkan karya Tangherlini mengungkapkan bagaimana konspirasi berputar-putar di sekitar Bill Gates, bahkan dituduh sebagai penyihir berabad-abad yang lalu.

Misalnya, mirip dengan bagaimana orang dulu percaya bahwa penyihir akan menyalahgunakan barang-barang seperti sapu untuk terbang dan tongkat sihir untuk merapal mantra, beberapa orang Amerika modern berpikir Gates menggunakan vaksin untuk menanamkan microchip dan mengaktifkan chip dengan 5G.

"Ada banyak kesamaan antara konspirasi COVID di sekitar Bill Gates dan teori tentang penyihir di masa lalu. Keduanya muncul dalam konteks ketidakpastian ketika orang menghadapi kemalangan yang tak dapat dijelaskan," ujar Manvir Singh, peneliti di Institute for Advanced Study di Toulouse, Prancis.

"Keduanya mengaitkan kemalangan itu dengan sosok kuat dan jahat yang bekerja melalui cara yang tak terlihat. Keduanya mengutuk mereka yang kuat, figur, yang membuat mereka menjadi keji secara moral (misalnya, penculikan anak atau kanibalisme), membuat mereka mengancam secara eksistensial, dan meningkatkan persepsi tentang kekuatan dan pengaruh mereka," kata Manvir Singh.

Seperti penyihir yang bermitra dengan Setan, Gates diangap memiliki sekutu gelap dalam bentuk Dr. Anthony Fauci, kepala penasihat medis untuk Presiden Joe Biden, dan pemerintah China, menurut postingan yang tidak akurat dari para ahli teori konspirasi di Reddit dan 4chan .

Seseorang juga mengklaim menemukan kebohongan bahwa Fauci berada di dewan direksi Microsoft, menjadikan Gates bosnya. Ia dituduh menyebarkan narasi palsu bahwa tujuan Gates adalah untuk melenyapkan Amerika, mirip dengan bagaimana penyihir dipandang sebagai ancaman bagi Kekristenan.

Teori palsu lainnya seputar Gates adalah bahwa pandemi adalah rencananya untuk mengurangi populasi dunia dan vaksinasi adalah cara untuk mensterilkan populasi, lompatan radikal dari upaya Gates untuk meningkatkan kesadaran tentang kelebihan populasi dan perubahan iklim.

Demikian pula, orang-orang di abad ke-19 percaya bahwa penyihir akan menggunakan ramuan dan mantra untuk menyebabkan keguguran. Walaah! Ada-ada saja ya!

Artikel Asli