Wakil Ketua MPR Dorong Daerah Tingkatkan Komoditas Pangan

Ekonomi | jawapos | Published at Kamis, 11 November 2021 - 15:55
Wakil Ketua MPR Dorong Daerah Tingkatkan Komoditas Pangan

JawaPos.com Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad mengatakan bahwa bangsa Indonesia dianugerahi tanah yang subur serta air yang melimpah, sehingga tanaman akan sangat mudah tumbuh dan menghasilkan produk yang baik. Beberapa daerah bahkan memiliki tingkat kesuburan tanah yang melebihi daerah lainnya.

Ini harus disadari dan disyukuri oleh para pemimpin daerah. Bentuk rasa syukurnya, yakni dengan mengelola tanah dan menanam tanaman produksi yang cocok secara serius, sehingga menjadi komoditas pangan yang melimpah dan bisa mensejahterakan rakyat, ujarnya.

Hal tersebut disampaikan dalam acara Panen Raya dan Penanaman Benih Jagung , di Desa Nanjungan, Kecamatan Kedurang Ilir, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, Rabu (10/11) kemarin.

Lebih jauh, Fadel mengungkapkan, Kabupaten Bengkulu Selatan adalah salah satu daerah yang mampu memaksimalkan potensi daerahnya. Fadel sangat mengapresiasi pemerintah daerah Bengkulu yang terus fokus meningkatkan komoditas pangan seperti padi dan jagung.

Saya sangat antusias begitu diundang untuk hadir dalam panen raya jagung di Bengkulu Selatan ini. Saya lihat tanahnya sangat subur. Cocok untuk menanam jagung seperti di Gorontalo, tambah Ketua Dewan Jagung Nasional ini.

Komoditas pangan khas daerah sangat ditekankan Fadel, sebab di era modernitas saat ini daerah mesti memiliki branding yang kuat untuk memaksimalkan potensi ekonominya di tingkat nasional dan global.

Branding sangat penting. Sebab, ketika orang menyebut produknya mereka akan langsung ingat daerahnya. Contohnya, ketika menyebut jagung langsung teringat Gorontalo dan lainnya, ujarnya.

Setelah ada branding yang kuat, lanjut Fadel, langkah selanjutnya adalah membantu petani mendapatkan akses kredit untuk modal yang meringankan. Kedua, membantu petani dalam penyediaan bibit, pupuk, dan penyuluhan. Ketiga, membantu pemasaran produk petani. Di sini, pemda harus ikut campur soal harga pasar yang menguntungkan petani.

Jika harga bagus stabil, maka petani akan semangat terus, ucapnya.

Selain itu, keempat, pemda mesti memberikan insentif tunai kepada perangkat daerah seperti kadis, camat, lurah, kepala desa yang mampu menaikkan produksi dan pemasaran produk daerahnya. Hal itu sudah saya lakukan saat saya menjabat Gubernur Gorontalo dan itu berhasil menaikkan produksi jagung, sehingga menurunkan tingkat kemiskinan dari 40 persen menjadi 17 persen, ungkapnya.

Fadel juga mendukung dan mendorong setiap kepala daerah di Indonesia untuk meningkatkan potensi daerahnya sehingga menjadi branding yang melekat kuat. Ini akan berhasil jika semua bersinergi baik petani dan pemerintah daerah serta didukung pemerintah pusat. Saya berharap semua menyadari ini dan menjalankannya untuk Indonesia maju sejahtera, tandasnya.

Artikel Asli